TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Sabtu, 25 Agustus 2012

MENGENANG SYEIKH IMAM SYAFI'I


TIPUAN PALSU

Aku melihat tipu muslihat dunia,
tatkala ia bertenggerdi atas kepala-kepala manusia,
dan membincangkan manusia-manusia yang terkena tipunya.
Bagi mereka,
Orang sepertiku tampak amat tak berharga.
Aku disamakan olehnya,
dengan anak kecil yang sedang bermain di jalanan.


MENCINTAI AKHIRAT

Duhai orang yang senang memeluk dunia fana,
Yang tak kenal pagi dan sore dalam mencari dunia,
Hendaklah engkau tinggalkan pelukan mesramu, kepada duniamu itu.
Karena kelak engkau akan berpelukan,
Dengan bidadari di surga.
Apabila engkau harap menjadi penghuni surga abadi,
maka hindarilah jalan menuju api neraka.


RENDAH HATI

Bagaimana mungkin kita dapat sampai ke Sa’ad,
Sementara di sekitarnya terdapat gunung-gunung
dan tebing-tebing.Padahal aku tak beralas kaki, dan tak berkendaraan.
Tanganku pun kosong dan, jalan ke sana amat mengerikan.


TENTANG CINTA

Engkau durhaka kepada Allah,
dan sekaligus menaruh cinta kepada-Nya.
Ini adalah suatu kemustahilan.
Apabila benar engkau mencintai-Nya,
pastilah engkau taati semua perintah-Nya.
Sesungguhnya orang menaruh cinta,
Tentulah bersedia mentaati perintah orang yang dicintainya.
Dia telah kirimkan nikmat-Nya kepadamu,
setiap saat dan tak ada rasa syukur,
yang engkau panjatkan kepada-Nya.


KEPUASAN (QANA’AH)

Aku melihat bahwa kepuasan itu pangkal kekayaan,
lalu kupegang erat-erat ujungnya.
Aku ingin menjadi orang kaya tanpa harta,
dan memerintah bak seorang raja.


ANUGRAH ALLAH

Aku melihat-Mu pada saat penciptaanku,
yang penuh dengan anugerah.
Engkaulah sumber satu-satunya,
pada saat penciptaanku.
Hidarkan aku dari anugerah yang buruk.
Karena sepotong kehidupan telah cukup bagiku,
hingga saat Engkau mematikanku.

Jumat, 24 Agustus 2012

Ta’abud : Cara Jin Beragama

                                                                               
Salah satu diantara nama-nama Allah SWT dari yang berjumlah 99 (Sembilan puluh Sembilan) atau yang dikenal dengan sebutan -Al-Asma’ Al-Husna- adalah -Al-Khaliq-, artinya Dia-lah yang menciptakan.

Ciptaan-Nya meliputi segala sesuatu, baik itu berupa hal-hal yang nampak oleh mata seperti manusia, hewan, tumbuhan dan alam seisinya ini, maupun keberadaan yang tidak bisa dilihat oleh mata seperti malaikat, surga, neraka dan lain-lain. Termasuk dari makhluk-Nya yang tidak terlihat oleh mata adalah jin.

Jin adalah makhluk ciptaan Allah Swt. Yang berbeda dengan manusia dari asal ciptaanya. Jin dicptakan oleh Allah Swt. Dari api sedangkan manusia diciptakan dari tanah. Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rahman ayat 15 :

وخلق الجان من مارج من نار

Artinya : “Dan dia telah menciptakan jin dari nyala api” (QS. Ar-Rahman ayat: 15)

Demikian pula dalam surat Al-Mu’minun ayat 12 Allah SWT. Menegaskan :

ولقد خلقنا الانسان من سلالة من طين

Artinya : “Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati dari tanah” (QS. Al-Mu’minun:12)

Sebagai salah satu makhluk Allah Swt. yang tidak terlihat, jin memiliki berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia, antara lain kemmpuan untuk mengubah wujudnya menjadi berbagai macam bentuk menyerupai manusia dan binatang seperti ular, keledai, unta, sapi dan lain-lain.

Hal itu seperti sebuah kisah yang dialami oleh sayyidah Aisyah bahwa beliau melihat seekor ular dalam rumahnya. Kemudin beliau memerintakan untuk membunuh ular tersebut. Akhirnya ular itu pun terbunuh, dan tak lama kemudian beliau diberi tahu bahwa:

إنها من النفر الذين استمعوا الوحي من النبي

(ular tersebut adalah termasuk dari golongan yang pernah mendengarkan wahyu dari nabi (golongan jin).

Setelah mengerti akan hal itu beliaupun mengutus seseorang pergi ke Yaman untuk membeli 40 (empat puluh) budak guna memerdekakan.

Juga ada jin yang mampu memindahkan sesuatu dalam waktu yang singkat. Hal itu seperi yang diceritakan dalam Al-Quran pada masa Nabi Sulaiman bahwa Ifrit yang termasuk salah satu jin sanggup untuk memindahkan singgasana Ratu Bilqis sebelum Nabi Sulaiman berdiri dari tempt duduknya.

Meskipun jin itu berbeda dalam hal asal penciptaanya, tetapi dia juga mkhluk Allah Swt. Yang tujuan dari penciptaannya sama dengan tujuan penciptaan manusia, yaitu tidak lain supaya beribdah kepada Allah. Hal itu sesuai dengan firman Allah Swt.dalam surat Adz-Dzariyat, 56:

وماخلقت الجن والإنس إلا ليعبدون

Artinya : “Dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Ku” (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Oleh karna itu seperti manusia, jin juga mukallaf (dibebani) untuk menjalankan perintah Allah dan menjahui segala yang dilarang-Nya Dalam hal ini mereka juga mendapatkan pahala apabila melakukan perbuatan sesuai dengan apa yang di perintahkan oleh Allah Swt. Dan akan disiksa apabila melanggar aturan yang di gariskan.

Jadi, karena mereka semua mukallaf seperti manusia, Allah Swt. Juga mengutus kepada mereka utusan yang akan menyampaikan wahyu.

Para ulama mempunyai pedapat yang sama bahwa risalah nabi kita Muahammad Saw. Tidak hanya terbatas pada manusia saja, melainkan juga mencakup jin, bahkan ada yang mengatakan sampai kepada semua makhluk hidup.

Dalam Al-Quran surat A-Jin di jelaskan. Artinya : “katakanlah telah diwahyukan kepadaku (Nabi Muhammad) bahwasanya sekumpulan jin telah mendengarkan Al-Quran menakjubkan(yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorang pun dengan tuhan kami” (QS. Al-Jin: 1-2).

Dalam kitab Al-Asybah wan Nazhair juga disebutkan :

والنبي صلى الله عليه وسلم مرسل اليهم

Artinya: “Bahwasanya nabi Muhammad diutus kepada mereka (bangsa jin)”

Jadi, diantara mereka (bangsa jin) juga ada yang melakukan shalat dan syariat-syariat lain yang telah dibawa Nabi Muhammad Saw.

Kesimpulan akhirnya bahwa jin yang beriman kepada Allah SWT. Sebagai Tuhannya dan Muhammad SAW sebagai utusan-Nya yang terakhir sekaligus menyempurnakan risalah-risalah utusan sebelumnya akan berpegang pada Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup.

Semoga dengan tulisan ini meningkatkan kita senantiasa ta’at beribadah, tidak kalah oleh jin. Memang lebih berat, amin. Wallohu a’lam. 

Selasa, 21 Agustus 2012

CERITA SYAIKH ABU YAZID DENGAN PERTAPA

كان هناك الناسك هو الشخصيات الشهيرة المقدسة البسطامي المدينة

. كان لديه الكثير من الأتباع، ولكن هو نفسه دائما اتباع تعاليم التي قدمها الشيخ أبو اليزيد.

وقال انه يتبع بجد المحاضرة - المحاضرات وأبو اليزيد جالسا مع رفاقه.

وقال انه ذات مرة، كان هناك وقت الفراغ، ليزيد أبو:

 "ويتحقق هذا اليوم ثلاثين عاما صام وصلى  طوال الليل حتى ينام أبدا 

لكن المعرفة العلم الذي لم يسلم تطرق قلبي. ومع ذلك أعتقد أن المعرفة وسعيدا لسماع نصيحتكم "

ثم قال الشيخ أبو اليزيد: "على الرغم من أنك نهار لمدة ثلاث مائة سنة،

وأقل من محاضراتي أنك لن تكون قادرة على التنوع البيولوجي بعناية".

"لماذا ذلك؟"، وردا على سؤال الطالب.

"لأن عينيك مغلقة من قبل نفسك،" قال أبو اليزيد.

"ماذا أفعل؟"، سأل الطلاب على أية حال.

"إذا قلت لك، وسوف بالتأكيد لا تريد أن نقبل به"

واضاف "سوف أقبل!، قل لي أن أفعل ذلك كما تقول"

"حسنا! "جواب الشيخ أبو اليزيد

"الآن هذا هو حلق أيضا لحيتك والشعر
اترك الملابس كنت ارتداء الحجاب واستبداله فعل من الصوف مئزر.

شنق كيس من الفول السوداني في الرقبة، ثم انتقل إلى مكان مزدحم.

جمع الأطفال إلى أقصى حد ممكن ونقول لهم :

"سوف أعطي جوزة إلى الصفع الجميع رأسي"

في نفس الطريق تذهب في جميع أنحاء المدينة،

وخاصة في الأماكن التي يعرف الناس مسبقا. هذا ما عليك فعله ".

"الله سبحانه وتعالى عظيم!، لا إله إلا الله"،

وقال الطالب بعد سماع كلام الشيخ أبو اليزيد.

إذا وثني ينطق هذه الكلمات بالتأكيد أصبح مسلم.

"قال الشيخ أبو اليزيد"، ولكن بالقول نفس الكلمات لديك إلى الله "

لماذا ذلك؟ "وردا على سؤال الطالب.

"لأنك تشعر أنك النبيلة جدا للقيام كما قلت في وقت سابق ثم قمت بتشغيل

هذه الكلمات لاظهار ان كنت شخص مهم، وليس لمجد الله عليه، فإنه لا هل لديك إلى الله:".

وكان الاقتراح الخاص بك لا سلوكي. تقديم الاقتراحات الأخرى ".

قال التلاميذ مرة أخرى.

هذا كل ما يمكن أن توحي "الشيخ أبو اليزيد المؤكدة.

"لا أستطيع أن أفعل ذلك"، وطالب تكرار كلماته.

"هل أخبرك أنك لن تكون قادرة على تنفيذ وأنك لن تكون قادرة على متابعة كلامي

"
،وقال الشيخ أبو اليزيد للطلاب


Ada seorang pertapa merupakan antara tokoh-tokoh suci terkenal di Kota Bustham. Ia memiliki banyak pengikutnya, tetapi ia sendiri selalu mengikuti pengajaran-pengajaran yang diberikan oleh syaikh Abu Yazid.

Dengan tekun ia mengikuti ceramah - ceramah Abu Yazid dan duduk bersama sahabat-sahabat beliau.

Pada suatu hari, ada kelonggaran waktu, dia berkata kepada Abu Yazid:

" Pada hari ini genaplah tiga puluh tahun aku berpuasa dan memanjatkan doa sepanjang malam sehingga aku tidak pernah tidur.

Namun pengetahuan ilmu yang engkau sampaikan ini belum pernah menyentuh hatiku. Walau demikian aku percaya kepada pengetahuan itu dan senang mendengar nasehat mu "

Lalu Syaikh Abu Yazid menjawab: " Meskipun engkau berpuasa pada siang hari selama tiga ratus tahun, sedikit pun dari ceramah-ceramah ku ini tidak akan dapat engkau hayati dengan seksama".

"Mengapa demikian?", Tanya si murid.

"Karena mata mu tertutup oleh dirimu sendiri ", jawab Abu Yazid.

"Apakah yang harus ku kerjakan?", Tanya si murid pula.

"Jika ku katakan, pasti engkau tidak akan mau menerimanya "

"Akan ku terima!, Katakanlah kepada ku agar aku lakukan seperti yang engkau perintahkan itu"

'Baiklah! ", Jawab Syaikh Abu yazid

"Sekarang ini juga cukur lah jenggot dan rambut mu. Tinggalkan pakaian yang sedang engkau pakai ini dan gantilah dengan cawat yang berbuat dari bulu domba. Gantungkan sebungkus kacang di lehermu, kemudian pergilah ke tempat ramai. Kumpulkan anak-anak sebanyak mungkin dan katakan kepada mereka:
" Akan kuberikan sebutir kacang kepada setiap orang menampar kepala ku "

Dengan cara yang sama pergilah mengelilingi kota, terutama sekali di tempat-tempat di mana orang-orang sudah mengenal mu. Itulah yang harus kau lakukan ".

"Maha besar Allah!, Tidak ada Tuhan kecuali Allah", cetus si murid setelah mendengar kata-kata Syaikh Abu Yazid tersebut.

Jika seorang kafir mengucapkan kata-kata itu niscaya ia menjadi muslim ". Kata Syaikh Abu yazid. "Tetapi dengan mengucapkan kata-kata yang sama engkau telah mempersekutukan Allah"

'Mengapa begitu? ", Tanya si murid.

"Karena engkau merasa bahwa dirimu terlalu mulia untuk berbuat seperti yang telah kukatakan tadi. Kemudian engkau memicu kata-kata tadi untuk menunjukkan bahwa engkau adalah seseorang yang penting, bukan untuk memuliakan Allah. Dengan demikian bukankan engkau telah mempersekutukan Allah: "

Saran kamu tadi tidak dapat ku laksanakan. Berikan saran lain ". Ujar si murid lagi.

Hanya itu saja yang bisa ku sarankan " Syaikh Abu Yazid menegaskannya.

'Aku tak sanggup melakukan nya ", si murid mengulangi kata-katanya.

"Bukankah telah aku katakan bahwa engkau tak akan sanggup untuk melaksanakan dan engkau tidak akan bisa menuruti kata-kata ku ", jawab syaikh Abu Yazid kepada muridnya

Senin, 20 Agustus 2012

TAWAKKAL DALAM KERIDHO'AN-NYA



مِنْ عَلَامَاتِ النّجَاحِ فِيْ النِّهَايَاتِ – الَرْجُوَعُ إِلَىَ الْلَّهِ فِيْ الْبِدَايَاتِ

Di antara tanda-tanda keberhasilan yang Utama adalah
kembali kepada Alloh di awalnya setiap perkara

يقال في الحديث عن سبب إتساع العلوم على الواصلين دون السائرين
,
وهو أن الواصلين لم يقفوا مع شهود الأنوار ,

بل نفذوا إلى نور الأنوار , بخلاف السائرين

فإنهم واقفون مع الأنوار مفتقرون إليها مملوكون في يده تعالي 

Untuk berbicara tentang alasan luasnya ilmu
pada kedudukan washilin (yg telah sampai) & bukan Umumnya manusia ,
 orang - orang yang telah sampai tidak datang dengan cahanya beberapa cahaya di setiap penyaksianNya akan tetapi waashiliin itu menjadi bagian daripada cahaya itu dengan cara-cara yang berbeda dengan insan pada Umumnya, karena sesungguhnya para waashiliin berdiri dengan Cahaya penerangNya karena dirinya itu telah menjadi sebagian daripada cahaya kebaqo'anNya di tanganNya yang maha Agung... .

أن الحق سبحانه إذا أراد أن يوصل عبده إليه توجه إليه أولا بنور حلاوة العمل الظاهر

, وهو مقام الإسلام , فيهتدي إلى العمل ويفنى فيه ويذوق حلاوة لأنهم لله لا لشئ دونه

Sesungguhnya Mahasuci engkau yaa haq : jika engkau telah menghendaki pada hambamu pada maqon washil (untuk menghadap padaMu) , pertama-tama engkau tunjukkan dengan manisnya cahaya amal dzohir, kemudian engkau menempatkan serta menunjukkan pada hambamu itu maqom Islam ( kepasrahan muthlaq / selamat ), kemudian engkau menunjukkan pada hambamu pada amal-amal dan Engkau menjadikan hambamu fana' dari amalnya diri dan Engkau tunjukkan rasa manisNya bersamaMu ...... karena Kehendak Dan KuasaMu telah menjadi Bagian yang menyeliputi pada hambaMu

قال لي حسن كل شيء تجلى

بي تملى فقلت قصدي وراكا

لي حبيب أراك فيه معنى

غر غيري وفيه معنى أراكا

وجد القلب حبه فالتفاتي

لك شرك ولا أرى الإشراكا

aku berkata keindahan segala sesuatu kenyataan
semua memintaku menganggap nyata ?? 
akan tetapi aku tetap mengatakan
niatku adalah di luar tujuanmu .....

Dan Aku memiliki Kekasih yang aku melihat
di dalam kenyataanmu
sehingga selalu menggoda orang lain
hatiKu yang menemukan cinta,
jadi ketikaKu melihatMu
Itu adalah syirik

KETIKA ALLOH TELAH MEMBUKA PINTU TAWAJUHMU



اجْتِهَادُكَ فِيْمَا ضَمِنَ لَكَ، وَتَقْصِيْرُكَ

فِيْمَا طَلَبَ مِنْكَ- دَلِيْلٌ عَلَىَ انْطِمَاسِ الْبَصِيْرَةِ مِنْكَ

Usahamu untuk mendapatkan apa yang dijaminkan untukmu , Itu menunjukkan ketidak patuhanmu dalam melakukan apa yang Dia minta darimu, itu semua adalah tanda-tanda kurangnya wawasan dirimu.

 
إِذَا فَتَحَ لَكَ وِجْهَةً مِنَ الْتَّعَرُّفِ- فَلَا تُبَالِ مَعَهَا إِنَّ قَلَّ عَمَلُك
َ
فَإِنَّهُ مافْتَحَهَا لَكَ إِلَا وَهُوَ يُرِيْدُ أَنْ يَتَعَرَّفَ إِلَيْكَ،

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ الْتَّعَرُّفَ هُوَ مُوْرِدُهُ عَلَيْكَ،

وَالْأَعْمَالَ أَنْتَ مُهْدِيْهَا إِلَيْهِ!

وَأَيْنَ مَا تُهْدِيْهِ إِلَيْهِ- مِّمَّا هُوَمُوْرِدُهُ عَلَيْكَ؟

Ketika Dia telah membukakan untukmu jalan untuk mengenal Dia - Dan kamu tidak akan mendapatkan pengertian beserta tawajuhmu karena sesungguhnya teramat sedikit perbuatanmu untuk membuka jalan pengertian itu. Karena sesungguhnya Dia membukakan pengertianNya padamu hanyalah keinginNya dirimu untuk mengenal Dia.

Apakah Engkau tidak menyadari bahwa yang memungkinkanmu mengenal Dia adalah hadiah-Nya untukmu bukan karena Amalmu, sementara perbuatanmu hanya apa yang engkau tawarkan juga semata-mata DariNya pastaskah amalmu engkau tawarkan Untuk membuka jalan ma'rifat KepadaNya ?

Bagaimana bisa amal dariNya yang engkau tawarkan KepadaNya
FikirkanLah ketika Dia membandingkan dengan apa yang Telah Dia limpahkan Kepadamu ??

JANGAN KENALI AKU DENGAN KARYAKU NAMUN LAKSANAKAN SEPERTI APA YANG LIHAT WAHAI SANG KEKASIH



إذا كنت إخفاء الحقائق
الحقيقة عن نفسي،
أنت ذاهب لتوجيه اللوم لي.
ولكن عندما شرحت لكم الحقائق،
لا يمكنك فهمها،
فكيف موقفي من أنت.

اعادة بلدي الحبيب هنا.
فهو لا يستطيع العيش من دون أنا
وليس لأحد بأي حال من الأحوال
إلا إذا كان يعرف الطريق الذي يقودني.

يا الله، لا تدع تضلوا نفسي من قبل كل شيء.
لا تبقي لي راضيا عن نفسي
دون توقع نفسك،
انه من الافضل اذا انت تكون لي دون لي،
وأصبحت أنا وحدي من دون اليك.
من الأفضل لو أنني أتحدث إليكم ومن خلالكم،
من أقول في نفسي بدونك.
اللهم لا يزال ضعيفا، لا أظن أنك
انني يصب عليك لأنه يكره لكم.

إذا كنت من المعقول،
يجب أن يكون حازما في قناعاتكم
وصادقة في نواياها قبل
تذهب الى أي مكان،
ها الطبيعة البشرية
لعبور خط هناك ما
وكسر المحرمات.
يجب أن نفكر عند التشغيل
وتسجيل جميع المعجزات
إلهي العمل أينما ذهبت.

"إن معظم يرثى ​​لها من بين جميع الناس
وهو معروف لعلمه،
وليس بسبب أفعال، أفعال. "

Jika aku sembunyikan kenyataan-kenyataan
Yang sebenarnya mengenai diriku,
Engkau akan mencela kepadaku.
Tetapi jika kujelaskan kenyataan-kenyataan itu kepadamu,
Engkau tidak dapat memahaminya ,
Bagaimana seharusnya sikapku terhadapmu.

Bawalah kembali kekasih-Ku kemari.
Ia tidak dapat hidup tanpa Aku
dan tidak ada satu jalanpun yang
diketahuinya kecuali jalan yang menuju Aku.

Ya Allah jangan biarkan diriku terpedaya oleh semua itu.
Jangan biarkan aku puas dengan diriku sendiri
Tanpa mengharapkan diri-Mu,
Adalah lebih baik jika Engkau menjadi milikku tanpa aku,
daripada aku menjadi milikku sendiri tanpa Engkau.
Lebih baik jika aku berkata-kata kepada-Mu melalui Engkau,
daripada aku berkata-kata kepada diriku sendiri tanpa Engkau.
Wahai jasad yang lemah, janganlah kau sangka
bahwa aku menyakitimu karena benci kepadamu.

Bila kalian berakal,
Kalian harus teguh dalam pendirianmu
Dan tulus dalam niatmu sebelum
Kalian melangkah menuju tempat manapun,
Sesungguhnya sudah merupakan sifat manusia
Untuk melewati batas apa yang Ada
Dan melanggar hal-hal yang dilarang.
Hendaknya kalian merenung ketika berjalan
Dan mencatat segala keajaiban
Karya Ilahi ke manapun kalian pergi.

“ Yang paling menyedihkan diantara semua orang
adalah dia yang dikenal karena ilmunya,
dan bukan karena amalan-amalannya. ”

PESAN-PESAN SYEIKH ANNIFARI

شعاع البصيرة – يُشهدك قربه منك ، وعين البصيرة – تشهدكعدمك،لوجوده ، وحق البصيرة – يشهدك وجوده ، لا عدمك ، ولا وجودك

قلت البصيرة ناظر القلب كما أن البصر ناظر القالب فالبصيرة ترى المعاني اللطيفة النورانية والبصر يرى المحسوسات الكثيفة الظلمانية الوهمية ثم البصيرة بإعتبار أدراك نور المعاني اللطيفة على خمسة أقسام قسم فسد ناظرها فعميت فأنكرت نور الحق من أصله قال سيدي البوصيري
قد تنكر العين ضوء الشمس من رمد ... وينكر الفم طعم الماء من سم

وهذه بصيرة الكفار

قال تعالى فإنها لا تعمي الأبصار ولكن تعمي القلوب التي في الصدور



وقسم صح ناظرها لكنها مسدودة لضعف ناظرها لمرض أصابه فهي تقر بالنور لكنها لا تقوى على مشاهدته ولا تشهد قربه منها ولا بعده عنها وهي لعامة المسلمين

وقسم صح ناظرها وقوي شيئاً ما حتى قرب أن يفتح عينه لكن لشدة الشعاع لم يطق أن يفتح عينه فأدرك شعاع النور قريباً منه وهو العامة المتوجهين

ويسمى هذا المقام شعاع البصيرة وقسم قوي ناظرها ففتح عين بصيرته

فأدرك النور محيطاً به حتى غاب عن نفسه بمشاهدة النور وهذا لخاصة المتوجهين ويسمى هذا المقام عين البصيرة وقسم صحت بصيرته وإشتد نورها فأتصل نورها بنور أصلها فلم تر إلا النور الأصلي وأنكرت أن يكون ثم شيء زائد على نور الأصل كان اله ولا شيء معه وهو الآن على ما عليه كان

ويسمى هذا حق البصيرة ووجه تسميته بشعاع البصيرة أن صاحبها لما كان يرى وجود الأكوان أنطبعت في مرآة بصيرته فحجبته عن شهود النور من أصله لكن لما رقت كثافتها وتنورت دلائلها رأي شعاع النور من ورائها قريباً منه فأدرك الشعاع ولم يدرك النور وهذا هو نور الإيمان وهو مقام علم اليقين ووجه تسمية عين البصيرة أن البصيرة لما صحت وقويت أنفتحت عينها فرأت النور محيطاً ومتصلاً بها فسميت عين البصيرة لأنفتاحها وإدراكها ما خفي على غيرها

وهذا مقام عين اليقين ووجه تسمية حق البصيرة أن البصيرة لما أدركت الحق من أصله وغابت عن نور الفروع بنور الأصول سميت حق البصيرة لما أدركته من الحق وغابت عن شهود الخلق

وهذا مقام حق اليقين فشعاع البصيرة هو نور الإيمان لأهل المراقبة

وعين البصيرة هو نور الأحسان لأهل المشاهدة وحق البصيرة هو نور الرسوخ والتمكين لأهل المكالمة



أو تقول شعاع البصيرة نور علم اليقين وعين البصيرة هو نور عين اليقين وحق البصيرة هو نور حق اليقين فعلم اليقين لأهل الدليل والبرهان وعين اليقين لأهل الكشف والبيان وحق اليقين لأهل الشهود والعيان



مثال ذلك كمن سمع بمكة مثلاً ولم يرها فهذا عنده علم اليقين

فإذا أستشرف عليها ورآها ولم يدخلها فهو عين اليقين

فإذا دخلها وتمكن فيها فهو حق اليقين



وكذلك طالب الحق فما زال من وراء الحجاب فانياً في الأعمال فهو في علم اليقين



فإذا أستشرف على الفناء في الذات ولم يتمكن من الفناء فهو عين اليقين



فإذا رسخ وتمكن فهو في حق اليقين



أو تقول شعاع البصيرة لأهل عالم الملك

وعين البصيرة لأهل عالم الملكوت

وحق البصيرة لأهل عالم الجبروت



أو تقول شعاع البصيرة لأهل الفناء في الأعمال وعين البصيرة لأهل الفناء في الذات

وحق البصيرة لأهل الفناء في الفناء



فشعاع البصيرة يشهدك قرب الحق منك أي يوجب لك شهود قرب نور الحق منك



قال تعالى ولقد خلقنا الأنسان ونعلم ما توسوس به نفسه ونحن أقرب إليه من حبل الوريد

وقال تعالى " وهو معكم أينا كنتم "

وعين البصيرة يشهدك عدمك أي زوالك بزوال وهمك لوجوده

أي وجود الحق إذ محال أن تشهده وتشهد معه سواه

فإذا زال عنك الوهم وفنيت عن وجودك شهدت ربك بربك

وهو علامة فتح البصيرة وعلاج السريرة



كما قال شيخ شيوخنا سيدي عبد الرحمن المجذوب
من رأي المكون بالكون ... عزه في عمي البصيرة
ومن رأى الكون بالمكون ... صادف علاج السريرة
فظاهره أن عامة المسلمين عميت بصيرتهم والتحقيق هو ما تقدم من التفصيل وأنها مسدودة فقط مع صحة ناظرها بخلاف بصيرة الكفار

فإنها عمياء وحق البصيرة يشهدك وجود الحق وحده لا وجودك لأنك مفقود من أصلك ولا عدمك إذ لا يعدم إلا ما ثبت له وجود ولم يكن مع الله موجود كان الله ولا شيء معه وهو الآن على ما عليه كان وهذه الزيادة وإن لم تكن في الحديث لكن معناها صحيح

إذا لتغير عليه تعالى محال قال محيى الدين بن محمد بن علي بن العربي الحاتمي رضي الله عنه من شهد الخلق لأفعل لهم فقد فاز

ومن شهدهم لا حياة لهم فقد جاز

ومن شهدهم عين العدم فقد وصل اه



قلت ومن شهدهم بعين العدم فقد تمكن وصاله وأنشدوا
من أبصر الخلق كالسراب ... فقد ترقي عن الحجاب
إلى وجود تراه رتقا ... بلا أبتعاد ولا أقتراب
فلا خطاب به إليه ... ولا مشير إلى الخطاب



والله تعالى أعلم ثم إذا تقرر أنفراد الحق بالوجود فلا تتعد همتك إلى غيره إذ هو مفقود وإلى ذلك أشار بقوله في أول الباب الرابع

Kamis, 16 Agustus 2012

LALAINYA DIRI KARENA BERGANTUNG PADA AMAL



مِنْ عَلَامَةِ الْاعْتِمَادِ عَلَىَ الْعَمَلِ – نُقْصَانُ الْرَّجَاءِ عِنْدَ وُجُوْدِ الْزَّلَل


"Termasuk tanda-tandanya orang yang berpegang pada amal adalah kurangnya pengharapan ampunan Allah SWT ketika berbuat kesalahan" .....

ومن عمل لطلب الجزاء فهو نسيان من الفضل والرحمة

barang siapa yang beramal hanya karena mengharap pahalanya amal maka orang itu termasuk sebagian dari orang-orang yang lalai & terlupa dari rahmat dan keutamaannya alloh swt

العمل لا يكون معتبرا إلا إذا كان مقبولا وقبوله

بمحض الفضل فصح أن دخول الجنة

بمحض فضل الله وأن العمل سبب ظاهري متوقف عليه.

والله تعالى يوفقنا لما فيه رضاه

Perbuatan tidak ada yang di dihitung kecuali Amal-amal mereka Yang telah diterima, dan penerimaan tergantung pada Kemurnian & kemurahanNya , sehingga kemurahan-Nyalah yang membawanya ke surga (kebahagiaan), dan perbuatan hanya alasan untuk itu. Dan semoga Dia membantu kami dan membimbing kita untuk apa yang Di ridhoi-Nya



من علامات تعويل العامل على عمله أن ينقص رجاؤه

في رحمة الله عند وجود لله. 

ومفهومه رجحان الرجاء عند التحلي بالعمل والتخلي عن الزلل 

Setengah dari tanda-tandanya bahwa hamba / abdu masih bergantung pada perbuatannya adalah masih adanya siratan Roja' / harapannya belas kasihan Alloh buah dari ibahnya dan harapan pengampunan ketika ia tergelincir ke dalam kesalahan atau melakukan dosa. Harapannya, dalam hal ini, akan sebanding dengan tindakan dan untuk melakukan perbuatan dan menghindari kesalahan dan dosa

وهذه الحكمة إنما تناسب العارفين الذين يشاهدون أن الأعمال كلها

من رب العالمين لملاحظتهم قوله سبحانه في كتابه المكنون:


.
Inilah Hikmah dari sudut pandangnya
'aarifiin yang melihat semua tindakan
dan perbuatan mahluk itu semua berasal dari

رب العالمين
.
Para 'arifin memandang dan memahami seluruh amal mahluk itu di liputi oleh alloh


seperti penjelasan alloh dalam firman-Nya:

{وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ .(الصافات-٩٦)}

"Dan Allohlah yang telah menciptakan kamu semua dan semua apa yang Anda lakukan [37:96]".

 فلا يعظم رجاؤهم بالأعمال الصالحة حيث إنهم

لا يشاهدون لأنفسهم عملا 

ولا ينقص عملهم في رحمة الله إذا قصروا في الطاعة 

أو اكتسبوا زللا لأنهم غرقى في بحار الرضا بالأقدار متمسكون بحبل قضاء

Para 'arifin tidak mengagungkan pengharapan pada setiap amal sholeh lahir maupun batin biarpun dengan sekira parasaan itu menyaksikan bahwasanya amal itu adalah dari dirinya, dan para 'arifin itu tidak memandang pada amalnya diri dan tidak berkurang amalnya ketika dirinya berbuat kesalahan dirinya serta selalu yaqin dalam rahmat alloh swt di setiap amal-amal yang di kerjaknnya. karena sesungguhnya para 'arifin itu telah tenggelam pada samudra kerelaan dalam ketentuanNya (rela dengan nasib dan takdir) dan selalu berpegang pada tali ketentuan alloh pada baik dan buruknya setiap amalnya ...



وان يعذب فبمحض العدل # فإن يثبنا فبمحض الفضل

Artinya :

Apabila Alloh memberi pahala kepada kita maka itu adalah murni dari anugrah-Nya, dan bila Alloh menyiksa kita maka itu adala murni keadilan-Nya

PENGALAMAN ADALAH GURU YANGTERBAIK



Pengalaman Adalah Guru Sejati dan Diri Adalah Muridnya
Ini merupakan penjelasan nasehat seorang mursyid
(pembimbing mereka yang berserah diri kepada Alloh dan kembali kepada-Nya)
untuk para muridnya.

Apa yang seharusnya diharapkan seorang anak dalam menempuh perjalanan taubat?.
Bagaimana seharusnya ia memandang perintah2 mursyidnya Diri ?
Bagaimana Sang Guru mendidiknya untuk mengendalikan hawa nafsu ?
Bagaimana ia menguji muridnya,
Dan sejauh apa kesungguhan yang harus dipersiapkan
Oleh seorang murid jika ingin dipertemukan Alloh
Dengan Bimpingan & panggilan seorang mursyid Sejati ?
Sedikit sebanyak, nasehat-nasehat  ini akan memberi penerangan pada Diri.

Apakah hujan akan turun setiap saat  ??
Tentunya tidak.
Oleh karena itu, ketika hujan sedang turun
Kalian harus sungguh-sungguh memanfaatkannya.
Dengan begitu barulah kalian dapat memperoleh manfaat dari hujan.
Dengan kata lain, apakah Sang Guru Sejati akan selamanya bersama kalian ??
Tentunya tidak. Karena itu, dalam waktu yang sedikit
Selama ia masih bersama kalian dengan Bimbingan langsung dari kejadian
Yang Murid alami , Mengerti bahwa itulah pelajaran Buat pelulusan diri .

Sebagaimana manusia yang belum berhasil memahami apapun tentang dirinya.
Bagaimana mungkin seseorang yang belum memahami apa yang ada
Di dalam dirinya dapatkah merenungkan tentang sebuah kebenaran ??

Ketika Diri terhadang oleh bahaya di hadapan & di luar Diri,
Apakah diri ini mundur / lari atau malah menyikapinya dengan Bijak.
Jawaban Itu ada pada bekal Ilmu Diri masing-masing.

Ketika kalian melihat sesuatu di belakang kalian, kalian maju.
Hanya ini saja yang dapat kalian lakukan.
Terkadang, kalian akan terjebak di antara kedua bahaya itu.
Kalian akan lari dan lari, sampai kalian tersudut.
Kalian tidak tahu bagaimana caranya mengetahui
Apa yang akan menghadang di depan kalian,
Atau apa yang menunggu kalian di belakang.
Tapi seorang Guru yang sejati tahu dan akan memperingatkan kalian.

Bahkan sebelum kalian memulai perjalanan,
Seorang pemilik kebenaran sejati yang berpengalaman
Akan tahu apa saja yang menanti di depan.
Dia akan mengatakan pada kalian,
“Ada banyak bahaya di jalan ini.
Ada banyak bahaya di jalan yang itu.
Jika kalian ke arah sini kalian akan selamat.
“ Dia mungkin akan berkata,
“Ikutilah aku, aku akan mengantarkanmu.
“ Maka kalian akan selamat.

Senin, 13 Agustus 2012

KATA-KATA HIKMAH



Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. ~ Nabi Muhammad Saw

Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah. ~ Nabi Muhammad Saw

Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. ~ Nabi Muhammad SAW

Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. ~ Nabi Muhammad SAW

Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia. ~ Nabi Muhammad SAW

Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian. ~ Nabi Muhammad SAW

Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. ~ Imam Al Ghazali

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. ~ Khalifah ‘Umar

Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan. ~ Ibnu Mas’ud

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak. ~ Khalifah ‘Ali

Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah. ~ Ibnu Mas’ud


Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu. ~ Khalifah ‘Ali

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. ~ Khalifah ‘Umar

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. ~ Imam An Nawawi

Sesungguhnya seorang hamba itu bila merasa ujub kerana suatu perhiasan dunia, niscaya Allah akan murka kepadanya hingga dia melepaskan perhiasan itu. ~ Sayidina Abu Bakar

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah.Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Barangsiapa takut kepada Allah SWT nescaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Orang yang bakhil itu tidak akan terlepas daripada salah satu daripada 4 sifat yang membinasakan yaitu : Ia akan mati dan hartanya akan diambil oleh warisnya, lalu dibelanjakan bukan pada tempatnya atau; hartanya akan diambil secara paksa oleh penguasa yang zalim atau; hartanya menjadi rebutan orang-orang jahat dan akan dipergunakan untuk kejahatan pula atau; adakalanya harta itu akan dicuri dan dipergunakan secara berfoya-foya pada jalan yang tidak berguna. ~ Sayidina Abu Bakar

Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.
Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Hendaklah kamu lebih memperhatikan tentang bagaimana amalan itu diterima daripada banyak beramal, kerana sesungguhnya terlalu sedikit amalan yang disertai takwa. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Tuhannya dan janganlah dia takut selain kepada dosanya. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Tiada sholat yang sempurna tanpa jiwa yang khusyu’.
Tiada puasa yang sempurna tanpa mencegah diri daripada perbuatan yang sia-sia.
Tiada kebaikan bagi pembaca al-Qur’an tanpa mengambil pangajaran daripadanya.
Tiada kebaikan bagi orang yang berilmu tanpa memiliki sifat wara’.
Tiada kebaikan mengambil teman tanpa saling sayang-menyayangi.
~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Tidak ada kebaikan ibadah yang tidak ada ilmunya dan tidak ada kebaikan ilmu yang tidak difahami dan tidak ada kebaikan bacaan kalau tidak ada perhatian untuknya. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Nikmat yang paling baik ialah nikmat yang kekal dimiliki.
Doa yang paling sempurna ialah doa yang dilandasi keikhlasan. Barangsiapa yang banyak bicara, maka banyak pula salahnya. Siapa yang banyak salahnya, maka hilanglah harga dirinya. Siapa yang hilang harga dirinya, bererti dia tidak wara’. Sedang orang yang tidak wara’ itu berarti hatinya telah mati. ~ Sayidina Ali Karamallahu Wajhah

Antara tanda-tanda orang yang bijaksana itu ialah :
1. Hatinya selalu berniat suci. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah.
2. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa).
3. Segala perkara dihadapinya dengan sabar dan tabah.
4. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.
~ Sayidina Utshman bin Affan

Tiada yang lebih baik dari dua kebaikan : Beriman pada Allah dan bermanfaat bagi manusia. Tiada yang lebih buruk dari dua kejahatan : Syirik pada Allah dan merugikan manusia.

Tiga tanda kesempurnaan iman : Kalau marah, marahnya tidak keluar dari kebenaran. Kalau senang, senangnya tidak membawanya pada kebatilan. Ketika mampu membalas, ia memaafkan.

Dengannya Allah kuburkan kedengkian, Dengannya Allah padamkan permusuhan; Melaluinya diikat persaudaraan; Yang hina dimulyakan. Yang tinggi direndahkan.

Jika orang dapat empat hal, ia dapat kebaikan dunia akhirat: Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir, badan yang tabah pada cobaan, dan pasangan yang setia menjaga dirinya dan hartanya.

Nabi ditanya bermanfaatkah kebajikan setelah dosa? Ia menjawab: Taubat membersihkan dosa, kebaikan menghapuskan keburukan.

Manusia Paling baik adalah orang yang dermawan dan bersyukur dalam kelapangan, yang mendahulukan orang lain, bersabar dalam kesulitan.

Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina : orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil.

Tiada musibah yang lebih besar daripada meremehkan dosa-odsamu dan merasa ridho dengan keadaan rohaniahmu sekarang ini.

Hati Adalah Ladang. Sesungguhnya setengah perkataan itu ada yang lebih keras dari batu, lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam, dan lebih panas daripada bara. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karna jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik), niscaya tumbuh sebagiannya.

MASIHKAH DIRIMU AKAN MENUNTUT ALLOH ... ???



“Sepanjang anda menuntut balasan atas amal anda,
maka anda pun dituntut agar benar dalam amaliyah itu sendiri.
Maka cukuplah bagi orang yang masih ragu atas

 balasan Alloh, bahwa ia dapatkan keselamatan dari siksa.”

 Apabila Alloh swt, hendak menampakkan anugerah keutamaanNya padamu,
maka Alloh menciptakan amal bagimu, dan mengaitkan amal itu kepadamu.

 Yakni, Alloh menciptakan kemampuan untukmu untuk beramal
dan beribadah dan memberikan pertolongan agar dirimu menuju kepadaNya,
bahkan mengembalikan amaliyah itu kepadamu. 
Alloh swt, menciptakan ta’at, dan mengaitkan taat itu kepada kita,
memberi pahala kepada kita, padahal seseungguhnya itu tidak layak bagi kita.

 Anugerah luar biasa, bagaimana sampai Alloh swt,
memberikan anugerah itu, seakan-akan itu amal baik dan taat kita,
padahal itu semua ciptaan Alloh Ta’ala pada kita, bukan ciptaan kita, bukan kreasi dan ikhtiar kita.

 Disinilah Syeikh Ibnu Atho'illah as-Sakandary mengingatkan:

 “Tak habis-habisnya engkau mencaci dirimu,
manakala semua itu dikembalikan padamu.
Dan tidak habis-habisnya pujianmu manakala Alloh swt,
itu menampakkan kemurahanNya kepadamu.”

Sebab, diri kita, ditinjau dari eksistensi kita yang asli,
tak lebih dari wujud kekurangan, wujud keragu-raguan,
wujud kehinaan dan wujud kefakiran.
Sedangkan jika dipandang dari segi anugerahNya keada kita,
maka segalanya adalah wujud kebajikan dan keutamaan.

Begitu pula kelak di akhirat, manakala yang muncul adalah diri kita,
maka kita berada dalam timbangan KeadilanNya,
lalu menjadi wajar kalau KeadilanNya yang tampak,
justru kita semua masuk neraka, apa pun amal dan ibadah yang kita lakukan.
Karena dosa itu, sebesar apa pun sesungguhnya bukan menjadi
penyebab seseorang masuk neraka. Manusia masuk neraka karena keadilanNya. 

Dan jika KeadilanNya yang tampil, maka seluruh kebaikan kita tak berartri,
karena sesungguhnya buila ditimbang dengan KeadilanNya,
amal perbuatan kita, ternyata bukan dari diri kita,
bukan produksi dan ciptaan kita, namun ciptaan Alloh swt,
kehendakNya dan KuasaNya.

 Sebaliknya bila yang dimunculkan adalah Anugerah dan RahmatNya,
maka seluruh amal kita yang tampak adalah enugerah Ilahi semua,
dan disanalah tiket ke syurga, karena anugerah dan rahmatNya
pastilah menyertai perjalanan kita menuju Alloh swt.

Segala apa pun yang disadari karena bersamaNya,
anugerah dan rahmatNya, akan menjadi mudah.
Dan sebaliknya apa pun mudahnya kalau kita hanya bersama diri kita,
mengandalkan diri dan amal perbuatan kita, pastilah gagal dan mengamali kesulitan luar biasa.



Minggu, 12 Agustus 2012

BETAPA PENTINGNYA ILMU DALAM MEMAHAMI KIASAN HIDUP

                                                                      

Yang pertama adalah ilmu-ilmu yang harus diperoleh manusia dengan cara bertahap terhadap berbagai fenomena diluar dirinya / atau dalam diri. dengan ilmu-ilmu tersebut manusia diperintahkan untuk dapat memurnikannya menjadi hikmah. setelah memperoleh hikmah tersebut, manusia manusia diwajibkan untuk memurnikan berbagai hikmah kebijaksanaan tersebut menjadi pemahaman kesempurnaan tauhid jadi tidak terjebak pada keilmuan itu sendiri.

 Kronologi proses diatas memerlukan dua tahapan atau dua hal sehingga manusia dapat memperoleh pemahaman kesempurnaan tauhid, 
Cara mendapatkannya secara bertahap, kemudian hasilnya diproses lebih lanjut secara batiniah. 
Nah untuk memprosesnya dibutuhkan usaha untuk memurnikan ilmu-ilmu menjadi hikmah, dan hikmah menjadi pemahaman kesempurnaan tauhid.

 Untuk mendapatkan kemampuan memurnikan ilmu dan hikmah tersebut manusia membutuhkan penyucian jiwa. Penyucian jiwa diperlukan untuk mendapatkan hidayah dari Alloh, Hidayah adalah tuntunan yang bersifat pemberian mutlak.

Hidayah dapat pula dikatakan sebagai Tauhid yang fitrah. Fitrah karena merupakan pemberian mutlak dari Allah tanpa perlu manusia tersebut melakukan usaha. Akan tetapi manusia baru dapat mengapresiasi Hidayah atau Tauhid yang bersifat pemberian mutlak tersebut dengan sempurna jika ia mampu menyelaraskan atau menghubungkan antara hidayah atau potensi Fitrah yang ada di dalam dirinya tersebut dengan fenomena-fenomena yang berada di luar dirinya.

Atau dengan kata lain tauhid yang telah ada dalam diri manusia tersebut belum mencapai kesempurnaan sebelum manusia tersebut mampu menghubungkan tauhid yang merupakan pemberian Alloh secara mutlak dan telah ada di dalam dirinya tersebut dengan pembuktian tauhid melalui fenomena-fenomena ciptaan Alloh yang berada di luar dirinya. Untuk menghubungkannya dibutuhkan ilmu.

 Dengan cara memahami keadaan yang ada  , dengan tujuan menemukan hubungan atau keselarasan antara Potensi Fitrahnya dengan fenomena-fenomena yang berada di luar dirinya, manusia akan mampu menghayati potensi fitrahnya sendiri. 

Potensi fitrah manusia juga lebih sering oleh kalangan luas disebut dengan hati nurani.
Oleh karena itu seiring dengan perjalanan hidupnya manusia harus selalu tetap menjaga keadaan hatinya. Sedikit banyak diperlukan pula ilmu kognitif dan hikmah supaya manusia selalu dapat tetap fitri dengan cara mampu menjaga keadaan hatinya selalu bersih. ilmu dan hikmah sedikit banyak akan membantu menuntun manusia untuk terbiasa mengikuti insting ilahiahnya, insting tersebut akan menghindarkan manusia dari segala hal yang akan menjauhkan atau menghalangi manusia itu sendiri dari mendapatkan hidayah atau tuntunan langsung dari Alloh.
                                                                            
                                                                          
Akhirnya dapat ditangkap maknanya bukan
bermakna duka tapi justru menunjukkan betapa besarnya
Kebesaran dan Kekuasaan Alloh kepada hamba-hamba-Nya,
Makhluk-makhluk material ini.
sedikit banyak carita tersebut dapat menjadi arah 
dan sedikit petunjuk menuju keimanan bagi yang
mampu menangkap maksudnya, demikian Cerita tersebut:

Kehendak-Ku (Alloh) terwujud dengan penciptaan-Ku 
akan makhluk-makhluk-Ku.
Kehendak adalah satu diantara ketakterhinggaan sifat-Ku. 
Tapi merupakan sifat-Ku yang paling tidak dominan.
Sifat-Ku yang dominan dan mendasari semua sifat-sifat-Ku
adalah kebesaran-Ku yang meliputi segalanya
dan ketakterbatasan-Ku.
Kebesaran-Ku dan ketakterbatasan-Ku
adalah dasar manifestasi semua sifat-sifat-Ku.
Oleh karenanya zat-Ku meliputi seluruh
semesta ruang dan keberadaan, 
sehingga sebenarnya tidak ada itu kekosongan. 
Pada hakikatnya terdapat dzat-Ku dimanapun
dan berada di manapun termasuk di ‘ruang’

yang dalam pandangan indera dan pikiran manusia adalah ruang kosong. 
Oleh karena itu sebenarnya tidak ada itu ruang kosong.
Hanya saja dalam dunia materi ini, 
Aku mengghaibkan dzat-Ku dihadapan indera,
perasaan dan pikiran makhluk-Ku. 

Apabila Aku berkehendak dzat-Ku untuk ghaib maka
kehendak manusia untuk mengindera-Ku
jelas tak akan mampu terlaksana. 
Ibarat orang yang main petak umpet.

Orang tidak tampak oleh si pencari karena bersembunyi. 
Aku sengaja bersembunyi karena memang Ku-
kehendaki diri-Ku tidak terlihat oleh si pencari.
bagaimana jika Aku yang berkehendak untuk bersembunyi (tak terlihat)?,
maka kehendak-Ku untuk menggaibkan dzat-Ku 
dari indera dan pikiran manusia berada diatas kehendak,
pikiran dan segala usaha manusia untuk melihat dzat-Ku. 
Karena Aku mengetahui apa isi, perasaan, pikiran,
dan kehendak manusia sebelum kehendak
manusia itu menyadari-Ku.

Ibarat kecepatan cahaya pun bagaikan
kecepatan yang paling lambat bahkan berhenti,
tak memiliki kecepatan dihadapan-Ku.
Cahaya tak mampu menyentuh-Ku.
Ibarat orang berenang yang berpindah di air,
air mengalir ke tempat yang telah ditinggalkan
oleh orang yang berpindah itu,
dan tempat yang dulu ditempati air
sekarang ditempati oleh orang itu.
Tapi orang yang berenang itu masih sedikit dapat
merasakan air melalui gesekan aliran air dengan tubuhnya.
Air selalu beradaptasi menyesuaikan dengan bentuk sekitarnya.

Tapi udara bisa lebih lembut lagi,
udara lebih tidak terasa oleh manusia yang berada di dalamnya.
Tapi bagaimana jika dzat-Ku yang menyelimuti segala yang terindera manusia ini? 
Jelas tidak akan mampu dirasakan bahkan tidak hanya oleh indera peraba 
manusia tapi juga oleh pikiran dan kehendak manusia. 

Tapi bahkan tidak seperti itu, Aku lebih dari itu.
Aku tidak seperti udara ataupun air yang memerlukan berpindah.
Tidak mungkin Aku memerlukan berpindah,
Dzat-Ku maha kuasa. Berarti hamba-hamba-Ku, kalianlah yang semu.
Jika kalian berpindah maka kuasa-Ku
yang membentukmu di suatu tempat Aku hentikan, 
dan Aku tampakkan kuasa-Ku untuk menegakkan kalian
di tempat lain dimana kalian berpindah.

Tapi bahkan lebih dari itu, segala bentuk dan makhluk ciptaan
serta kehidupannya di alam material atau
inderawi ini pada hakikatnya adalah ilusi-Ku.
Yang ter-Ghaib menurut indera hamba-hamba-Ku
sebenarnya justru diri-Ku, Sang Hyang Nyata. 
Sedangkan yang tampak diantara indera kalian
sendiri sebenarnya adalah justru yang tidak nyata. 

Manusia yang mempunyai iman kepada-Ku
mampu menyadari keberadaan-Ku 
walaupun tidak terjangkau oleh indera, perasaan dan pikirannya.
Sementara yang ingkar kepada-Ku tidak akan percaya segala
sesuatu yang tidak terdeteksi oleh indera, perasaan dan pikirannya.

Sabtu, 11 Agustus 2012

NYANYIAN TEMBANG KEMATIAN SEMAKIN MENDEKATKAN PADA QIYAMAHMU


Aku menyeru padaMu, kematian!,
Untuk jiwa-jiwa yang bersaksi dan telah sampai, 
dan bergabung sebagai saksi dalam keabadian!,
Aku memekik pada diriku!, Kematian!,
Bagi hati, setelah sekian lama hampa dari ungkapan
yang terhimpun dalam samudera kearifan,
Aku memekik padaMu, Kematian!,

Bagi firman Tuhan, sejak waktu digoreskan,
dan hanya kefanaan yang nampak dalam bayangan kita,
Aku berseru padaMu, Kematian!,
Bagi penyingkapan dihadapan kepatuhan
dan menyerahkan semua pembicaraan yang bisa dipahami,
Aku berseru padaMu, Kematian!,
Untuk perlambang-perlambang yang menyearah
diselubungi oleh kecerdasan-kecerdasan, dari mereka,
semua tanggal dalam kehancuran,
Aku berseru padaMu, Kematian!,
Atas nama CintaMu, bagi keteguhan moral mereka
yang menegakkan bingkai-bingkai untuk dipatuhi,
Mereka yang seluruhnya telah melintasi
padang pasir tanpa meninggalkan jejak, 
dan dibelakang mereka,
kerumunan orang ditinggalkan mengigau,
Lalu buta daripada binatang,
pun lebih buta daripada gerombolan



===========(oooOoo)==========

 Semua Ada dalam hatiku, 
dengan keADAanKu
hasrat-hasrat itu Telah melahirkan Kenyataan Yang Ada ,
tapi semuanya sirna sejak aku melihatMu,
Ada yang iri, cemburu padaku, aku hanya makhluk,
Engkaulah Rajaku,
Kekasih dan musuhku selalu mencelaku karena cintaku padaMu,
karena mereka lali terhadap besarnya ujian terhadap diriku,
Wahai dunia dan agamaku, aku tinggalkan bagi manusia agama
dan dunia mereka, karena aku sibuk dengan cintaku padaMu,
Engkau nyalakan dua api didalam hatiku,
yang satu menyala diantara tukang igaku,
dan yang lain diantara dinding tenggorokanku,
Di setiap aku ingin minum karena haus,
aku selalu melihat bayang-bayangMu tergambar di air itu,
Dihatiku kurasakan api lebih dingin daripada salju,
dan tajamnya pedang lebih menyenangkanku
daripada berpisah dengan kekasihku.

TERLEPASNYA JIWA KELANA



Penglihatanku, dengan menggunakan mata ilmu,
mengikuti kejernihan rahasia pikiranku,
Sebersit cahaya telah menyembul dalam kesadaranku,
lebih kuat daripada secuil angan-angan,
Dan aku menyibaknya,
Perenungan itu menggelincirkanku seperti melesatnya sebah anak panah,
Jiwaku berbalik, berbulu hasrat, diatas sayap-sayap kehendak,
Sambil ditunjukkan, jika mereka menanyaiku,
aku mena'biri dibawah misteri teka-teki,
Istilah-istilah yang lepas melampaui semua batasan,
mengembarakanku dalam ladang yang menghampar,
Sambil memandang kedalam air yang jernih bagai cermin,
dan aku tak mampu melihat bayangan wajahku disana,
Aku beringsut maju, melakukan penawaran dihadapanNya
, berpegangan sambil menjuntaikan tangan penyerahanku,
Dan cintaku telah melekat padaNya,
dalam hatiku seperti besi yang membara dalam hasrat,

O, betapa dalam...!,
Dan naluri jiwaku menerbangkan diriku,
Dan aku menemukan betapa dekatnya Ia hingga aku lupa namaku.

=============(oooOooo)===============

Ilmu apa saja yang ditemukan oleh manusia sudah pasti
merupakan hasil pencerahan ruhani penemunya
dalam membaca objek yang mereka amati.
Pencerahan ruhani tersebut jelas mempengaruhi juga otak,
pikiran dan kejiwaan bahkan raga manusia tersebut,
sehingga bisa kita amati bagaimana karakter,
wajah dan sikap orang – orang yang telah menemukan ilmu tersebut,
mereka pasti mempunyai aura sinar wajah, sikap hidup,
pemikiran, dan perjalanan hidup yang sangat berbeda
dengan manusia kebanyakan,
begitu juga benturan – benturan hidupnya.

PANGGILAN KEBAQO'ANMU

Dalam kebaqo'anMu



> Menjadi wahana ruhaniNya menjadi dominan, sehingga
> kesadarannya hilang, sebagaimana mereka yang sedang
> jatuh cinta di puncaknya, atau mereka yang sedang
> terkejut dalam waktu yang lama .....

Betapapun bumi ini begitu hampa dariMu,
untuk mereka tegakkan kembali,
mereka mencariMu dilangit ?,
Dan Kau melihat mereka,
yang melihatMu dari sisi luarnya,
tapi mereka tiada menemukanMu
dalam kebutaan penglihatan mereka ...
Engkau Yang maha Wujud ...
Tak tanpak Oleh mereka ...
Engkau Yang Maha melihat
Tak di mengerti dengan pandangan mereka

OoH ...

Kasihan sekali Engkau yang Maha Ghaib
Hanya Namamu yang engkau perkenali
Sedang itu bukan Dilalah CahayaNya ...


Sesekali jangan,berguru pada guru

gurulah sekedar guru

sesekali jangan, membhiksu pada bhiksu

bhiksulah sekedar bhiksu

sesekali jangan, memendeta pada pendeta

pendetalah sekedar pendeta

sesekali jangan menabi-nabi, mewali-wali

nabilah sekedar nabi

walilah sekedar wali

sesekali jangan memanusia

manusiawilah manusia

Temuilah sanG Guru jati

Agar manusiawi

Bila ia...jelmakan gurU

Dalam tiap Ingatanmu

Bukan itu yang bernama

Mudzakaroh ......

Karena itu bukan Tujuan Munajah

Saat ia jubahkan bhiksU

Saat ia perankan pendetA

Ketika ia berpakaian nabI

Ketika ia bersenyum walI

Temu guru jadi guru

Temu Bhiksu jadi bhiksu

Dekat pendeta jadi pendeta

Dekat nabi jadi nabi

Kawan wali jadi wali

DIAlah sang wajibul wujud sejati

=========(oooOooo)========

Sesungguhnya Diri ini adalah milik rajanya manusia yakni Tuhan Yang Maha Esa,
Sedangkan Tuhan telah meniupkan sedikit Ruh Nya kedalam diri manusia itu sendiri.
Maka, barang siapa manusia yang bisa sampai pada
kesadaran batin terdalamnya yakni Ruhnya,
ia akan mendapatkan pencerahan ruhani.
Dengan ruhani yang cerah manusia tersebut akan naik derajatnya,
sebab untuk mencapai kesadaran Raja / Ruh dalam diri,
manusia harus terlebih dahulu mengikis nafsu – nafsu
yang menyelimutinya, mulai dari lawamah, amarah, sufiah dan mutmainah....
kenalilah ayat-ayatNya denganNya ... salam santun semuanya


KERINDUAN PADA SANG MAHA BENAR



Sang maha benar itu diluar jangkauan lingkaran wilayah hakikat. 
wilayah hakikat tidak bisa dicapai lewat pemikiran.

dan sang maha benar
tidak bisa digambarkan atau di jelaskan dengan simbol dan bahasa apapun.

dan beliau banyak bicara tentang perjalanan isra mi'raj nabi muhammad
, ke luar dunia , melewati dunia luar , keluar lagi di luar dunia
manusia dan jin , sampai sidratul muntaha.

Berapa lama kau tenggelam dalam lautan dosa,
sementara banyak orang yang tidak kau ketahui melihatmu,
Engkau gelari dirimu dengan gelar wira’i dan taqwa,
sedangkan perbuatanmu adalah perbuatan orang
yang mengikuti hawa nafsu dan angkara,
Wahai orang yang bermalam dan terasing dengan dosa-dosa,
mata Tuhanmu melihatmu dengan jelas dan nyata,
Apakah engkau mengharapkan ampunan dari seluruh dosa-dosamu
sementara kamu tidak pernah berusaha mencari ridhoNya,
Sehingga darah saudaramu rela kau tumpahkan demi tujuan kebenaranmu
Apakah itu yang kau anggap sebuah kebenaran ....
Mampukah dirimu membaca kehendak alloh dibalik 
Semua yang di CiptakanNya ....



Segeralah bertaubat sebelum datang kematian dan
hari bertemunya seorang hamba dengan balasan perbuatan yang telah dia lakukan,

Apakah gembira dan senang dengan banyaknya kesalahan dan dosa-dosa,
lalu engkau lupakan Tuhanmu Yang Maha Esa.
Yang selalu Engkau serukan Asma-Asmanya 

===========
======(oooOooo)=====
===========

Mendirikan sendiri..adalah Kewajiban
> Sudah menjadi fenomena sejak dulu. Meskipun paham dan
cara
> berbeda. " dengan kedewasaan diri "…seyogyanya
> Kita tetap berteman dengan baik , tetap
> bersilahturahim… dengan manis & cantik.
>
Ada versi dalam ISLAM , juga ada ajaran yang universal.
> Syari'at suatu agama tidak dapat dipaksakan . Agama
sangat
> pribadi, menyembah Alloh lebih pribadi lagi. Ada semacam
> ukuran agar terus maju & belajar.., yaitu apakah yang dipelajari dan
> dituju , yaitu cahaya diatas cahaya ( Nurrun 'ala Nurrin )
> , masuk ke dalam seribu cahaya bulan purnama , atau
masuk
> kedalam Nirwana Dengan panggilanNya

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila