مِنْ عَلَامَاتِ النّجَاحِ فِيْ النِّهَايَاتِ – الَرْجُوَعُ إِلَىَ الْلَّهِ فِيْ الْبِدَايَاتِ
Di antara tanda-tanda keberhasilan yang Utama adalah
Di antara tanda-tanda keberhasilan yang Utama adalah
kembali kepada Alloh di awalnya setiap perkara
يقال في الحديث عن سبب إتساع العلوم على الواصلين دون السائرين
,
وهو أن الواصلين لم يقفوا مع شهود الأنوار ,
بل نفذوا إلى نور الأنوار , بخلاف السائرين
فإنهم واقفون مع الأنوار مفتقرون إليها مملوكون في يده تعالي
Untuk berbicara tentang alasan luasnya ilmu
Untuk berbicara tentang alasan luasnya ilmu
pada kedudukan washilin (yg telah sampai) & bukan Umumnya manusia ,
orang - orang yang telah sampai tidak datang dengan cahanya beberapa cahaya di setiap penyaksianNya akan tetapi waashiliin itu menjadi bagian daripada cahaya itu dengan cara-cara yang berbeda dengan insan pada Umumnya, karena sesungguhnya para waashiliin berdiri dengan Cahaya penerangNya karena dirinya itu telah menjadi sebagian daripada cahaya kebaqo'anNya di tanganNya yang maha Agung... .
أن الحق سبحانه إذا أراد أن يوصل عبده إليه توجه إليه أولا بنور حلاوة العمل الظاهر
orang - orang yang telah sampai tidak datang dengan cahanya beberapa cahaya di setiap penyaksianNya akan tetapi waashiliin itu menjadi bagian daripada cahaya itu dengan cara-cara yang berbeda dengan insan pada Umumnya, karena sesungguhnya para waashiliin berdiri dengan Cahaya penerangNya karena dirinya itu telah menjadi sebagian daripada cahaya kebaqo'anNya di tanganNya yang maha Agung... .
أن الحق سبحانه إذا أراد أن يوصل عبده إليه توجه إليه أولا بنور حلاوة العمل الظاهر
, وهو مقام الإسلام , فيهتدي إلى العمل ويفنى فيه ويذوق حلاوة لأنهم لله لا لشئ دونه
Sesungguhnya Mahasuci engkau yaa haq : jika engkau telah menghendaki pada hambamu pada maqon washil (untuk menghadap padaMu) , pertama-tama engkau tunjukkan dengan manisnya cahaya amal dzohir, kemudian engkau menempatkan serta menunjukkan pada hambamu itu maqom Islam ( kepasrahan muthlaq / selamat ), kemudian engkau menunjukkan pada hambamu pada amal-amal dan Engkau menjadikan hambamu fana' dari amalnya diri dan Engkau tunjukkan rasa manisNya bersamaMu ...... karena Kehendak Dan KuasaMu telah menjadi Bagian yang menyeliputi pada hambaMu
Sesungguhnya Mahasuci engkau yaa haq : jika engkau telah menghendaki pada hambamu pada maqon washil (untuk menghadap padaMu) , pertama-tama engkau tunjukkan dengan manisnya cahaya amal dzohir, kemudian engkau menempatkan serta menunjukkan pada hambamu itu maqom Islam ( kepasrahan muthlaq / selamat ), kemudian engkau menunjukkan pada hambamu pada amal-amal dan Engkau menjadikan hambamu fana' dari amalnya diri dan Engkau tunjukkan rasa manisNya bersamaMu ...... karena Kehendak Dan KuasaMu telah menjadi Bagian yang menyeliputi pada hambaMu
قال لي حسن كل شيء تجلى
بي تملى فقلت قصدي وراكا
لي حبيب أراك فيه معنى
غر غيري وفيه معنى أراكا
وجد القلب حبه فالتفاتي
لك شرك ولا أرى الإشراكا
aku berkata keindahan segala sesuatu kenyataan
aku berkata keindahan segala sesuatu kenyataan
semua memintaku menganggap nyata ??
akan tetapi aku tetap mengatakan
niatku adalah di luar tujuanmu .....
Dan Aku memiliki Kekasih yang aku melihat
di dalam kenyataanmu
sehingga selalu menggoda orang lain
hatiKu yang menemukan cinta,
jadi ketikaKu melihatMu
Itu adalah syirik
akan tetapi aku tetap mengatakan
niatku adalah di luar tujuanmu .....
Dan Aku memiliki Kekasih yang aku melihat
di dalam kenyataanmu
sehingga selalu menggoda orang lain
hatiKu yang menemukan cinta,
jadi ketikaKu melihatMu
Itu adalah syirik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar