TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Senin, 06 Agustus 2012

RISALAH IMAN NYA 'ARIF

               

قال رسو ل الله صلي الله عليه وسلم تفكراو في الاء اي في خلق الله ولا تفكروا في الله


BERFIKIRLAH PADA CIPTAAN ALLOH JANGAN KAMU BERFIKIR TENTANG YANG DI DALAM ALLOH

اله الخلق مولانا قديم # وموصوف بأوصاف الكمال

TUHANKU ADALAH PENCIPTA YANG BERSIFAT QODIM (DAHULU) YANG MEMPUNYAI SELURUH SIFAT-SIFAT KASAMPURNAN … MAHA DEKAT MAHA MELIPUTI DAN BERSAMAAN .. TIDAK BERTEMPAT NAMUN ADA DAN WAJIBUL WUJUD ADANYA … TUHAN YANG TIDAK GHAIB / BERSEMAYAM DI ATAS ARSY , KURSI, DIATAS LANGIT … KARENA TUHANKU TIDAK TERIKAT PADA TEMPAT RUANG DAN WAKTU DAN TIDAK BISA DI QIYAS …DENGAN APAPUN KEMAHA KEKALANNYA …

اذا لم يبق عليك حركة لنفسك فكمل يقينك , واذا لم يبق لك وجودك فكمل توحيدك

Ketika geraknya anggota badanmu itu tidak tetap atas dirimu untuk dirimu (karena gerak hidup itu hak milikNya), maka sempurnalah keyaqinanmu. Dan ketika wujudmu (adamu) tidak tetap bagimu (fana' / adam) , maka sempurnalah tauhidmu ....

اهل الباطن مع اليقين واهل الظاهر مع الايمان

Ahli batin itu bersama yaqiin dan ahli dhohir itu bersama iman



واما ارباب البصائر فلامر عندهم بالعكس من ذالك فان الاعمال ترد للعلوم فالافضل العلوم ثم الاحوال ثم الاعمال

Adapun yang di maksud arbabul bashoir (orang-orang yang mempunyai penglihatan hati / berakal) adalah calon'' khusus itu kebalikannya dari orang-orang pada umumnya ... bagi mereka (orang umum) amal-amal perbuatan itu harus di kembalikan pada tingkah laku (ahlak) dan ahwal (tingkah) di kembalikan pada ilmu dan yang utama bagi mereka (arbabul bashooir) adalah mendahulukan ilmu baru berakhlaq kemudian yang terakhir baru beramal dengan perbuatan.

 لا سكون للمتقين ولا حركة للمحبين ولا عزم اي لا وجود للمفقودين 

Tiada ketenangan bagi orang yang bertakwa, tiada gerak bagi orang yang cinta, tiada kehendak (hidup) bagi orang yang kenal ('arif), tiada bentuk bagi orang hilang ...

ما تحصل المحبة الا بعد اليقين ولا يقين الا بعد الايمان ولا ايمان الا بعد عرف علمه علم الله

Cinta tidak akan berhasil kecuali setelah yaqin dan tidak di katakan yaqin kecuali setelah beriman dan tidak di katakan beriman kecuali setelah mengerti ('arif) pada ilmunya 'arif itu ilmunya alloh

قال شيخنا يحيا الانصاري الرسلاني :

اذا لم يبق عليك حركة لنفسك فكمل يقينك , واذا لم يبق لك وجودك فكمل توحيدك



Ketika geraknya anggota badanmu itu tidak tetap atas dirimu untuk dirimu (karena gerak hidup itu hak milikNya), maka sempurnalah keyaqinanmu. Dan ketika wujudmu (adamu) tidak tetap bagimu (fana' / adam) , maka sempurnalah tauhidmu ....



اهل الباطن مع اليقين واهل الظاهر مع الايمان



Ahli batin itu bersama yaqiin dan ahli dhohir itu bersama iman



بَلِ الإنْسَانُ عَلَى نَفْسِهِ بَصِيرَةٌ



Al Qiyaamah ayat 14:"akan tetapi di dalam diri manusia ada bashirah (yang tahu Aku / alloh)"(QS 75:14).



إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ



"Kepada Robb-nyalah mereka melihat." – (QS.75:23)



Kata bashiroh ini disebut sebagai yang tahu atas segala gerak manusia yang sekalipun sangat rahasia. Ia biasa menyebut diri (wujud)-nya adalah "Aku". Wujud "Aku" yang memiliki sifat tahu yang memperhatikan dirinya atas perilaku hati, kegundahan, kebohongan, kecurangan, serta kebaikan ...



الانسان سري وانا سره واذا نظر الحق نظر الاسماء واذا نظر الاسماء نظر الصفات واذا نظر الصفات نظر الارواح واذا نظرالارواح نظر الحق تعلي بلا شك



Ia tidak pernah bersekongkol dengan perasaan dan pikiran, ia jujur dan suci, sehingga manusia, setan dan jin tidak bisa menembus alam ini karena ia sangat dekat dengan Alloh, sekalipun manusia itu jahat dan kafir. Adalah pernyataan Alloh atas pengangkatan sebagai wakil Alloh, sehingga Alloh menyebut tentang "Aku" ini sebagai ruh-Ku. Sebagai penghormatan yang maha tinggi seperti penghormatan Alloh terhadap Baitulloh ...



وكلما يبين لك الا اذا خرجت عنك



وكلما أخلصت يكشف لك أنه هو لا انت تستغفر منك



wamaa yubayyinu laka taukhiduka illa idza khorojta 'anka , wakullamaa akhlishta yaksyifu laka annahu huwa laa anta tastaghfiru minka



~=[Dan tauhidmu itu tidak akan bisa nyata bagimu kecuali kamu keluar dari dirimu sendiri]=



=[Ketika kamu dapat melepaskan dirimu darimu, maka akan tampak bagimu bahwa sesungguhny DIA adalah DIA, bukan dirimu yang mohon ampunan darimu]=~



Melihat apapun bisa mengantarkannya ingat kepada Alloh Subhanahu wa ta'ala .seperti penjelasan para sahabat



Saiyidina abu bakar as shiddiq ra



ما رأيت شئا الا رأيت الله قبله



aku tidak pernah melihat sesuatu kecuali melihat alloh sebelum melihatnya (sesuatu) Saidinaa utsman bin 'affan ra



ما رأيت شئا الا رأيت الله بعده



aku tidak pernah melihat sesuatu kecuali melihat alloh sesudah melihatnya (sesuatu)Saiyidina Umar al faruqi ra



ما رأيت شئا الا رأيت الله معه



aku tidak pernah melihat sesuatu kecuali melihat alloh besertaan dengan melihatnya (sesuatu)



Saiyidina 'ali karromallohu wajhah ra ..



ما رأيت شئا الا رأيت الله قيه


aku tidak pernah melihat sesuatu kecuali melihat alloh meliputi dalamnya (sesuatu)



 قال النبي صلي الله عليه وسلم لا دينا لمن لا ايمان له ولا ايمانا لمن لا حيا ء له ولا حياء لمن لا خشعه ولا خشوع لمن لا عقل له ولا عقل لمن لا فكر له ولا فكر لمن لا صح له ولا صح لمن لا عرف له ولا عرف لمن لا اسلام له كما قال سيدنا علي كرم الله وجهه اول الدين معرفة الله



ketahuilah saudaraku Sabda rosululloh saw syarat utama untuk mengenal agama itu wajib mengenal dulu alloh nya ''alloh'' dari kata AL ma'rifat dan ''ILAH'' sesembahan alloh adalah kumpulan dari pada seluruh dzat,sifat dan nama diseluruh alam semesta yg menjadi asal muasal wujud kita yg menjadi awal yg tidak ada permulaan yg menjadi akhir dan tidak ada batasan yg menjadi warna dari seluruh warna yg ada yg menjadi arah dari setiap arah yg ada yg menjadi dhohir dari setiap bentuk yg ada yg menjadi batin dari setiap ghaib yg ada,DIA yg maha dari segala yg termaha yg meliputi disetiap makhluq nya dg kebersamaannya DIA menjadi penggerak pd setiap wujud-wujud yg ada,DIA yg tidak bermula yg tidak pernah lalai yg maha pengasih dg segala kasih sayangnya, tiada kata / kalimah yg pantas untuk menggambarkannya untuk mengumpamakannya DIA yg maha wujud dari setiap wujud yg ada karena DIA kekal dalam keabadiannya selama lamanya ,
Setiap keimanan yang timbul seharusnyamelalui proses pertemuan ,jadi bukan IMAN turunan atau IMAN ajakan karena jika mengIMANI sesuatu pastilah kita sendiri yang akan mempertanggung jawabkannya bukan orang lain 

=========================(oooOooo)==========================

Tidak ada komentar:

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila