TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Senin, 16 Juli 2012

PENGERTIAN DIINU AL-ISLAM


PENGERTIAN ISLAM SECARA BAHASA

Kata “ISLAM” berasal dari kata Asalama-yuslimu-islaman yang mempunyai arti semantik sbb:

  1. Tunduk dan patuh ( istislam-istislam)

  2. Berserah diri, menyerahkan, memasrahkan (sallama-taslim / tawakkal)

  3. Mengikuti (atba’a – itba’)

  4. Menunaikan-menyampaikan (adda’-ta’diyah)

5. Masuk dalam kedamaian, keselamatan, atau kemurnian (dakhala fi as-salm au –silm au as- salam).



PENGERTIAN SYARI'AT

Islam dalam istilah syariat dibedakan menjadi dua macam, yakni :

Duna al Iman (tanpa Iman), yaitu pengakuan keislaman dengan lisan tanpa adanya iman di hati. Ini imannya orang munafik. Firman Alloh QS. Al Hujrat 14 :

قَالَتِ الْأَعْرَابُ آَمَنَّا قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِنْ قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ [الحجرات/14

“Orang-orang Arab budui itu berkata:”Kami telah beriman .”Katakanlah (kepada mereka):”Kamu belum beriman, tetapi katakanlah ‘kami telah ber- Islam (tunduk secara lahir), karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu.”

Fauqa al Iman (dengan Iman), yaitu pengakuan Islam yang dibarengi dengan keyakinan dalam hati, dibarengi dengan perbuatan, dan ketundukan serta penyerahan diri kepada Alloh pada semua qodho’ dan qodar-Nya. Inilah muslim sejati/mukmin sejati.

أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ [البقرة/131]



…Tunduk patuhlah! Ibrahim menjawab: Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta Alam (QS. Al Baqarah 2:131)



PENGERTIAN ISLAM SEBAGAI SATU-SATUNYA AGAMA ALLOH SWT.



إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآَيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ (19) آل عمران/19

“Sesungguhnya agama (yang diridhoi) Alloh hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi al-kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) diantara mereka. Barangsiapa kafir terhadap ayat-ayat Alloh, maka sesungguhnya Alloh sangat cepat siksa-Nya
(QS. Ali Imran 3:19).”

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ [الشورى/13

Dan telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa, (yaitu):”Tegakkanlah agama Islam dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya (QS. Asy Syura:13).”
Sabda nabi saw:

الأنبياء أولاد علات ، أمهاتهم شتى ودينهم واحد

“Para nabi itu bersaudara. Mereka putera-putera dari berbagai perempuan, Ibu mereka berlainan, tetapi agama mereka satu
(HR. Bukhari-Muslim)

Pada hakekatnya Islam adalah agama Alloh yang dibawa oleh para nabi dan rasul-Nya sejak nabi Adam as sampai dengan nabi Muhammad saw. Pengertian ini dikuatkan oleh banyak ayat al-Qur’an antara lain :

Lisan nabi Nuh as:

وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ [يونس/72

Dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang muslim (QS. Yunus :72)

2. Doa Nabi Ibrahim dan Isma’il

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ [البقرة/12

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh (muslim) kepada Engkau….(QS. Al Baqarah 128)

3. Wasiat Nabi Ibrahim dan Ya’qub kepada anak-anaknya

يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ [البقرة/132]

“Hai anak-anakku! Sesungguhnya Alloh telah memilih agama ini bagi kamu sekalian, maka janganlah mati kecuali dalam memeluk agama Islam (QS Al Baqarah 132).

4. Perintah Nabi Musa kepada kaumnya

فَعَلَيْهِ تَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُسْلِمِينَ [يونس/84

“Maka bertawakalah kepada-Nya saja, jika kamu sekalian (benar-benar) orang-orang yang muslim (berserah diri) (QS. Yunus :84).

5. Doa nabi Yusuf

تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ [يوسف/101

….Wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang sholeh (QS Yusuf:101)

6. Doa para ahli sihir Fir’aun yang telah beriman kepada Nabi Musa

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ [الأعراف/126

“…Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam (berserah diri) (QS. Al-A’raf :126).

7. Pernyataan Kaum Hawariyyun pengikut Nabi Isa as.

آَمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ [آل عمران/52

….Kami beriman kepada Alloh dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri (QS. Ali Imran :52)

8. Iqrar keislaman Ratu Saba’

وَأَسْلَمْتُ مَعَ سُلَيْمَانَ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ [النمل/44

….Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Alloh, Tuhan Semesta Alam (QS. An Naml :44)

7. Pernyataan Kaum Hawariyyun pengikut Nabi Isa as.

آَمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ [آل عمران/52

….Kami beriman kepada Alloh; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri (QS. Ali Imran :52)

8. Iqrar keislaman Ratu Saba’

وَأَسْلَمْتُ مَعَ سُلَيْمَانَ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ [النمل/44

….Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Alloh, Tuhan Semesta Alam (QS. An Naml :44)

 ISLAM DENGAN SEBAGIAN AJARANNYA

Dalam berbagai hadits sering dijumpai Rosululloh saw. Mendifinisikan Islam dengan sebagaian ajarannya, yang berarti mendifinisikan keseluruhan (kull) dengan sebagaian (juz’).Ini mengandung maksud bahwa ajaran yang sebagian itu merupakan unsur yang pokok dan sangat penting dalam ajaran Islam. Contoh:

خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ

….(Islam adalah) Sholat lima waktu sehari semalam (HR. Bukhari dll).


الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَتَصُومَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنْ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Islam adalah kamu bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Hamba dan Utusan-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa Romadhon dan melaksanakan haji jika mampu (HR. Muslim).



Islam adalah satu-satunya agama yang diridhoi Alloh. Hakikat Islam adalah agama Alloh swt yang dibawa oleh semua nabi dan rasul-nya, sejak nabi Adam hingga nabi Muhammad saw. 
Asas dari semua ajaran Islam yang dibawa oleh para nabi dan rasul itu adalah keyakinan akan keesaan Alloh (akidah tauhid) dengan kemurnian dan kelurusannya.
Ada dua macam orang ber islam:

a. Duuna iman (tanpa iman);

b. Fauqa al iman (islam dengan keimananan yang mantap.

SEMUA KEMBALI PADA MASING-MASING ... ISLAM TIDAK TERBATAS PADA AGAMA SEMATA NAMUN TERCERMIN DARI SETIAP TINGKAH LAKU DALAM SEHARI'' ,,, 

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila