TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Kamis, 05 Juli 2012

PENGERTIAN TAJALI ASMA',AFA'L & SIFAT SERTA DZAT

TAJALLI ASMA' :



Mengerti dan memahami NAMA'' ALLOH yang 99 serta nama'' alloh yang meliputi sekalian alam beserta isinya ....



TAJALLI AF'AL :

Mengerti bahwasanya HANYA dengan gerak alloh semua mahluk bisa bergerak dan beraktifitas ...



والله خلقكم وما تعملون



sesungguhnya alloh yang mengADAkan kita semua (alam semesta) dengan apa yang kita lakukan



dan menjadi rujukan RUKUN IMAN TENTANG IMAN DENGAN QODO' DAN QODAR yang pengertianNya bahwasanya perkara yang ADA baik dan buruk semuanya telah di tentukan oleh alloh sejak zaman azali ... namun manusia yang berakal di ajarkan untuk selalu belajar dan belajar ... dari mulai lahir sampai ke liang lahat ....



TAJALLI SIFAT : Mengerti tentang pemahaman SIFAT'' ALLOH yang WAJIB WUJUDNYA yang secara tertulis di ajarkan ada 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil selain sifat'' yang tersembunyi yang selalu meliputi seluruh alam semesta :



Sifat Alloh yang Wajib bagi Alloh.



1.Wajib………………………… WUJUUD = Ada.

Disebut = Sifat Nafsiyah (Tentang Dzat Alloh).

Mengapa Allah bersifat WUJUUD?.



Karena Alloh bersifat =



2.Wajib………………………… QIDAM = Dahulu.

3.Wajib………………………….BAQOO = Kekal.

4.Wajib……Mukhoolafatu lil hawadits(i)= Unik / tidak menyerupai mahluknya.

5.Wajib………QIYAAMUHU BI NAFSIH(I)……… ……………………..= Berdiri dengan sendirinya.

6.Wajib…………………….WAHDANIYAh = Esa.

Disebut = Sifat Salbiyah (Diluar Pemikiran Manusia).



Mengapa Alloh bersifat 1, 2, 3, 4, 5 & 6 ?.

Karena Alloh bersifat=



7.Wajib…………………………QUDRAT = maha Kuasa.

8.Wajib………………………….IRADAT = maha berkehendak

9.Wajib……………………………..ILMU = maha tahu .

10.Wajib…………………………HAYAA = maha Hidup.

11.Wajib…………………………SAMA’ = maha Dengar.

12.Wajib…………………………BASHOR = maha meLihat.

13.Wajib……………………….KALAAM = maha berBicara.

Disebut = Sifat Ma’ani. (Didalam Pemikiran Manusia).

(Tetapi, TIDAK bisa dimaknakan / artikan dengan kata'').



Mengapa Alloh bersifat 7, 8, 9, 10, 11, 12 & 13 ?.

Karena Alloh juga bersifat ma'nawiyah =



14.Wajib…………………QOODIRUN = Penguasa.

15.Wajib…………………..MURIIDUN = Penentu.

16.Wajib………..’AALIMUN = Pemilik&Awal Tahu.

17.Wajib…………HAYYUN = Pemilik&Awal Hidup.

18.Wajib………SAMII’UN = Pemilik&Awal Dengar.

19.Wajib………BASHIIRUN = Pemilik&Awal Lihat.

20.Wajib..MUTAKALLIMUN = Pemilik&Awal Bicara.

Disebut = Sifat Ma’nawiyah. (Didalam Pemikiran Manusia).

(dan bisa dimaknakan).

Sifat Alloh yang Mustahil bagi Alloh =

1.Mustahil Tidak Ada (Mustahil Tidak Wujud).

(Sifat Nafsiah = Tentang Dzat Alloh).



2.Mustahil Tidak dahulu (Mustahil Didahului Tiada).

3.Mustahil Tidak Kekal (Mustahil Binasa).

4.Mustahil Tidak Unik / tidak sama dengan mahluknya (Mustahil Sama dg Baru).

5.Mustahil di-berdiri-kan.

6.Mustahil berbilang-bilang. (Sifat Salbiyah = Diluar Pemikiran Manusia).

7.Mustahil Tidak Kuasa.

8.Mustahil Tidak Tentu.

9.Mustahil Tidak Tahu.

10.Mustahil Tidak Hidup.

11.Mustahil Tidak Dengar.

12.Mustahil Tidak Lihat.

13.Mustahil Tidak Bicara.

(Sifat Ma’ani = Dalam Pemikiran Manusia, tetapi tidak bisa dimaknakan).

14.Mustahil Bukan Yang Kuasa.

15.Mustahil Bukan Yang Tentu.

16.Mustahil Bukan Yang Tahu.

17.Mustahil Bukan Yang Hidup.

18.Mustahil Bukan Yang Dengar.

19.Mustahil Bukan Yang Lihat.

20.Mustahil bukan Yang Bicara. (Sifat Ma’nawiyah = Dalam Pemikiran Manusia, dan bisa dimaknakan).Sifat Alloh yang Ja’iz bagi Alloh = Tidak ada yang memerintah Tidak ada yang melarang.Jadi kalau ditotal = 20 Sifat Wajib + 20 Sifat Mustahil



1 Sifat Ja’iz Sub-totalnya = 41 AQO’IDUL IMAN.Wajib I’tikad bagi manusia bahwa =



1.Mustahil bagi Alloh berkewajiban untuk membuat alam seluruhnya. ………………………………………….. ………………

2.Wajib bagi Alloh tidak mengambil manfaat untuk diri-Nya, atas perbuatan-Nya, dan atas hukum-Nya.

3.Mustahil bagi Alloh mengambil manfaat untuk diri-Nya, atas perbuatan-Nya, dan atas hukum-Nya. ………………………………………….. ……………..

4.Wajib bagi makhluk tidak memberi bekas (atsarun) ……….. dengan kekuatan makhluk sendiri.

5.Mustahil bagi makhluk memberi bekas…………… dengan kekuatan makhluk sendiri. ………………………………………….. ………………

6.Wajib bagi makhluk; merupakan sesuatu yang dahulunya tidak ada.

7.Mustahil bagi makhluk merupakan sesuatu yang dahulunya sudah ada. ………………………………………….. ………………

8.Wajib bagi makhluk tidak memberi bekas……….. dengan tabi’at makhluk sendiri.

9.Mustahil bagi makhluk; memberi bekas……………

dengan tabi’at makhluk sendiri.Jadi,…………

41 Aqo’idul Iman ditambah 9 Wajib I’tikad Bagi Manusia



Totalnya = 50 AQO’IDUL IMANMasuk kedalam LAA ILAAHA ILLALLOOHU & LAFADZ ALLOHU AKBAR ,,,



PENGERTIAN tentang



“Al-Azzaliyyah pada hakikatnya hanyalah al-Abadiyyah (Keabadian), di mana antara keduanya tidak ada pembatas apa pun. Sebagaimana Awwaliyyah (awal) adalah juga Akhiriyyah (akhir) dan akhir adalah juga awal.



Demikian pula lahir dan batin, hanya saja suatu saat Dia menghilangkan Anda dan suatu saat menghadirkan Anda dengan tujuan untuk memperbarui kelezatan dan melihat penghambaan (’ubudiyyah). Sebab orang yang mengetahui-Nya melalui penciptaan makhluk-Nya, ia tidak akan mengetahui-Nya secara langsung. Sebab penciptaan makhluk-Nya berada dalam makna firman-Nya, ‘Kun’ (wujudlah). Sementara mengetahui secara langsung adalah menampakkan kehormatan, dan sama sekali tidak ada kerendahan.”



al-faqir jelaskan Makna dan ucapan an-Nurii, “mengetahui-Nya secara langsung,” ialah langsung dengan yakin dan kesaksian hati nurani akan hakikat-hakikat keimanan tentang hal-hal yang ghaib.



melanjutkan penjelasannya pengertian ANNURI : Makna dari apa yang diisyaratkan tersebut – hanya Alloh Yang Maha tahu bahwa menentukan dengan waktu dan perubahan itu tidak layak bagi Alloh swt.

Maka ketentuan alloh terhadap apa yang telah terjadi sama seperti apa yang bakal terjadi karena janji alloh itu takkan pernah di INGKARI . Pada apa yang telah Dia firmankan sama seperti pada apa yang bakal Dia firmankan.



Sesuatu yang dekat menurut Dia sama seperti yang jauh, begitu sebaliknya, sesuatu yang jauh sama seperti yang dekat. Sedangkan perbedaan hanya akan terjadi bagi makhluk dari sudut penciptaan dan corak dalam masalah dekat dan jauh, benci dan senang (ridho), yang semua itu adalah sifat makhluk, dan bukan salah satu dari Sifat-sifat al-Haq swt. dan hanya Alloh Yang Maha tahu-.



INILAH PUJI QADIM BAGI QADIM

Ma'rifat dan kedekatan Alloh dengan hambanya:

Alloh umpama Kapas

Roh umpama benang

Hamba Umpama Kain



Jadi Terhijabnya hamba dengan alloh seperti

kain tidak mengenal kapas seperti benang tidak mengenal kapas.

pertanyaan apakah ada tempatnya kapas tidak di dalam kain tidak juga diluar kain tidak juga di kanan juga tidak dikiri tidak juga diatas tidak juga dibawah kain tetapi mesra mulai titik BI KAANA FA YAKUUNU KULLU 'AALAMI FII AZALINYA ..sebenar2nya kain adalah melulu kapas.. kain dan benang hanya nama saja... serupa tidak sebanding....



dan disaat mana kita .. menyaksikan alloh disaat didalam kandungan.dan dcisaat ma'rifat dan disaat mau berpulang kerohmatulloh. jelaslah kalau kita tdk mengenal alloh jelaslah dia tidak hadir juga tidak disaat sakarotul maut ? ILLA MAA SYAA ALLOH



Sesuatu tidak di kenal akan mustahil bisa dingat... baik di dunia maupun di akhirat atau di sembah atau penyaksian.. berarti hanya IMAN dalam Sangkaan belakaa tau hayal sedangkan alloh sifatnya adalah HAKIKAT NUR MUHAMMAD sedangkan ADAM asma & af'alNya tidak sekutu bagi asma' af'al sifat serta dzatnya .....



PENYAKSIAN :



SYARI'AT : HAMBA PADA HAMBA



THORIQOH : MAHLUK PADA ALLOH



MA'RIFAT : ALLOH PADA MAHLUK



HAKIKAT : HUA BI HUA ...



WALLOOHU A'LAM WAYARKHAM BISYARRIHI WA KHOIRIHI ,,,, TRIMO KAREPMU GAK TRIMO YO SAK KAREPMU JIK KURANG TRIMO TAK CULEK MATAMU ,,,,,,

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila