TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Jumat, 15 Juni 2012

MELIHAT ALLOH SWT



الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ

"Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Rabb-mereka.


وَإِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكَ إِعْرَاضُهُمْ فَإِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَبْتَغِيَ نَفَقًا فِي الأرْضِ أَوْ سُلَّمًا فِي السَّمَاءِ فَتَأْتِيَهُمْ بِآيَةٍ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَمَعَهُمْ عَلَى
الْهُدَى فَلا تَكُونَنَّ مِنَ الْجَاهِلِينَ

"Dan jika perpalingan mereka (darimu), terasa amat berat bagimu, maka jika kamu dapat melihat lubang di bumi atau tangga ke langit, lalu kamu dapat mendatangkan mu'jizat kepada mereka, (maka buatlah). Kalau Allah menghendaki, tentu saja Allah menjadikan mereka semua, dalam petunjuk, sebab itu, janganlah kamu sekali-kali, termasuk orang-orang yang jahil." (An naml 35)


إِنَّمَا يَسْتَجِيبُ الَّذِينَ يَسْمَعُونَ وَالْمَوْتَى يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ ثُمَّ إِلَيْهِ يُرْجَعُونَ

"Hanya orang-orang yang mendengar sajalah yang mematuhi (seruan Alloh), dan orang-orang yang mati, akan dibangkitkan oleh Alloh, kemudian kepada-Nya-lah mereka dikembalikan." – (QS.6:36)


Telah ditetapkan melalui dalil akal bahwa ALLOH tidaklah memiliki jasad dan berbentuk, tidaklah menempati sebuah ruangan dan waktu. Hal ini menjadi dalil bahwa ALLOH Yang Agung adalah Dzat yang tidak dapat dilihat. Namun, sebahagian kalangan penafsir menyatakan bahwa ALLOH akan menampakkan dirinya di hari kiamat, mereka berdalil bahwa hamba-hamba yang sholeh akan melihat wujud ALLOH di hari kiamat, melalui ayat yang berbunyi:

إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

“Kepada Tuhannyalah mereka Melihat”Apakah maksud ayat tersebut ?


Adapun penglihatan adalah terbiasnya cahaya sesuatu pada lensa mata. Ketika proses pembiasan ini bekerja, maka akan terjadi ada ikatan antara yang sesuatu yang dilihat dan mata. Oleh karenanya, menjadikan sesuatu tersebut menempati pada tempat tertentu. Dan segala yang berbentuk membutuhkan sebuah tempat, dan yang membutuhkan yang lain adalah fakir. Dan ini tidak akan memiliki sifat Ketuhanan (Ilahiyah). Dari penjelasan ini maka sekiranya ALLOH bertempat, tidaklah akan melewati kemungkinan berikut ini: 

1. Keberadaan tempat tersebut pada awalnya bersamaan dengan wujud Alloh. Kalau sekiranya tempat tersebut qodim (dahulu), maka keberadaannya sama dengan keberadaan Alloh Yang Qadim. Jadi, ada dua wujud yang qadim.

2. Sekiranya Alloh Swt menciptakan tempat untuk diri-Nya sendiri. Dan kita umpakan Dia (Alloh) tidak membutuhkan tempat. Dengan dalil bahwa sebelum dicitakan tempat tersebut, dia telah ada. Dengan gambaran ini, bagaimana Alloh Swt tidak membutuhkan tempat , kemudian setelah itu Dia membutuhkan tempat.

Dilihat dari makna ayat, maka dapatlah kita jelaskan sebagai berikut:

Kata Nadhiro dari ayat tersebut bukanlah mempunyai makna melihat akan tetapi bermakna (mengerti & faham). Dan maksud dari keseluruhan ayat adalah penantian rahmat dan kasih sayang Alloh Swt. Ketika utusan roja' mengirimkan hadiah kepada nabi Sulaiman as, disebutkan dalam al-qur’an, Alloh Swt berfirman:

“Dan Sesungguhnya Aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan (membawa) hadiah, dan (aku akan)menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu”. 

Dan pengertian Nadhiro sebenarnya, bukanlah diartikan penglihatan. Maka kita mencoba penelusuri ayat diatas, dengan mengaitkan dengan ayat sebelumnya dan sesudahnya. Alloh Swt berfirman: 


1. وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ

“Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri”. 

2.إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

“Kepada Tuhannyalah mereka Melihat“. 

3.وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ بَاسِرَةٌ 

“Dan Wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram”. 

4.تَظُنُّ أَنْ يُفْعَلَ بِهَا فَاقِرَةٌ

“Mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat”. 

Pada keempat ayat diatas, ayat ketiga nampak berlawanan dengan ayat pertama. Dan ayat keempat juga berlawanan dengan ayat kedua. Dan pelu diperhatikan bahwa ayat keempat menghilangkan bentuk kekaburan seperti pada ayat yang kedua. Yang jelas, ayat yang pertama dan ketiga adalah pembagian atas manusia di hari kiamat. Dan ayat kedua dan keempat juga adanya penjelasan nasib perjalanan manusia dalam dua bentuk. Dari sisi lain, maka ayat keempat memaparkan tentang penantian terhadap sebuah azab, dan ayat kedua memaparkan tentang penantian terhadap rahmat Alloh Swt. Bukanlah penglihatan dan penyaksian dalam bentuk luar (dhohir). 

Kesimpulan:

Dalil ayat untuk menetapkan kemungkinan Alloh Swt dapat dilihat di hari kiamat, akan menyimpang dari pemahaman secara filosofis dan terhadap tujuan yang ada di dalam keempat ayat tersebut. Dari ayat, sebenarnya mengambarkan tentang pelaku ketaatan dan maksiat dan penantian keduanya terhadap nasib mereka dari turunnya rahmat Alloh atau azab-Nya. Adapun penafsiran tentang penyaksian dzat Al-Haq tidaklah berkaitan dengan ayat ini. 

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila