TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Rabu, 23 Mei 2012

KEADAAN DIRI KITA SELURUHNYA ADALAH SYIRIK YANG SAMAR

KULLUKA SYIRKUN KHOFIYUN

 Keseluruhanmu itu adalah syirik yang samar

 Maknanya: ketika seorang hamba melihat wujud dirinya (keadaan / kalo dirinya itu ada) itu sama saja menyerupai keadaannya ALLOH secara samar, maka dia melihat wujudnya itu ada, Ilmu , amalnya. Keadaan itu sesungguhnya ketika dia melihat dirinya berdiri di maqom ibadah dan Ubudiyah , lalu dia melihat ibadah itu lahir dari dirinya. Dengan pandangannya itu, dia takjub terhadap dirinya dan amalnya itulah sebenarnya Syirik khofi dan masihlah batal ilmu dan amalnya SALIK. 

Di permulaan, jauh dari Allah Ta’ala dan apa yang sudah Allah berikan padanya dari wujudnya dengan mewujudkanya, dan di akhiran lupa pada taufiq, hidayah, dan ‘inayah-NYA. Dengan melihat amalnya itulah, dia terhalang dari tauhid murni.

Karena Muwahhid Kamil (Petauhid Sempurna) itu adalah orang yang tidak melihat keberadaan diri dan pekerjaannya. Hal seperti itu, ketika Allah membukakan baginya dari permulan penciptaan yang masih berupa sulalah (darah) sampai menjadi wujud sempurna (seorang manusia)... 

Allah Ta’ala bukakan juga tentang sesuatu yang terkait dengan dirinya dari kelemahan dan kekalahan yang pokok, juga tiadanya daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Ta’ala.

Jika demikian keberadaannya, maka dia melihat pemberian dan anugerah Allah Ta’ala yang mewujudkannya dengan kuasa-NYA, dan menguatkan dirinya dengan qudrat-NYA, meluruskan jalannya dengan pertolongan-NYA, menunjukannya dengan bantuan-NYA.

Allah telah menciptakan dirinya dengan sebaik-baik bentuk yang sedang, yang dapat berbicara, mendengar, melihat, dan berfikir. Allah telah menciptakan baginya kekuatan yang dhohir dan bathin, memberinya kesempatan untuk ikhtiyar dan kemampuan agar mampu mengerjakan kebaikan dan keburukan dengan pilihan dan kekuatannya sendiri.

Ikhtiyar dan kemampuan itulah yang menjadi bukti bagi Allah Ta’ala atas dirinya. Ketika dia menyatakan pandangannya pada hal-hal yang telah terurai itu, maka nyata dan jelas bahwa sesungguhnya drinya berada karena diadakan oleh Allah Ta’ala. Begitu juga, ucapan dan perbuatannya, bahkan seluruh gerak dan diamnya hanya semata dengan kehendak dan keinginan Allah Ta’ala, mereka tidak dapat menghendaki keculi Allah menghendaki. Maka ketika begitu, dia sirna dari dari pandangannya terhadap wujud dan apa yang diwujudkannya, yakni amal-amalnya dengan kepemilikan Allah Ta’ala atas dirinya dari keutamaan dan pemberian dalam wujud dirinya... 

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila