TANBIIH

الحَمـْدُ للهِ المُــوَفَّـقِ للِعُـلاَ حَمـْدً يُوَافـــِي بِرَّهُ المُتَـــكَامِــلا وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ثُمَّ الصَّلاَةُ عَلَي النَّبِيِّ المُصْطَفَىَ وَالآلِ مَــــعْ صَـــحْــبٍ وَتُبَّـاعٍ وِل إنَّ اللَّـهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا تَقْوَى الإلهِ مَدَارُ كُلِّ سَعَادَةٍ وَتِبَاعُ أَهْوَى رَأْسُ شَرِّ حَبَائِلاَ إن أخوف ما أخاف على أمتي اتباع الهوى وطول الأمل إنَّ الطَّرِيقَ شَرِيعَةٌُ وَطَرِيقَةٌ وَحَقِيقَةُ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِّلا فَشَرِيعَةٌ كَسَفِينَة وَطَرِيقَةٌ كَالبَحْرِ ثُمَّ حَقِيقَةٌ دُرٌّ غَلاَ فَشَرِيعَةٌ أَخْذٌ بِدِينِ الخَالِقِ وَقِيَامُهُ بَالأَمْرِ وَالنَّهْيِ انْجَلاَ وَطَرِِيقَةٌ أَخْذٌ بِأَحْوَطَ كَالوَرَع وَعَزِيمَةُ كَرِيَاضَةٍ مُتَبَتِّلاَ وَحَقِيقَةُ لَوُصُولُهِ لِلمَقْصِدِ وَمُشَاهَدٌ نُورُ التّجَلِّي بِانجَلاَ مَنْ تصوف ولم يتفقه فقد تزندق، ومن تفقه ولم يتصوف فقد تفسق، ومن جمع بينهما فقد تحقق

hiasan

BELAJAR MENGKAJI HAKIKAT DIRI UNTUK MENGENAL ILAHI

Senin, 18 Juni 2012

PERTANYAAN SEPUTAR TASAWWUF

فرتاياءن : فوواسا دلائل, غروووت دان سباكييا

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

سموكا كياهى بسرتا كلوواركا سنانتيياسا ديبـريكان كسيهاتان دان فانجاغ عمر اوليه الله سبحانه وتعالى. كياهى, دي ماشاراكات كيتا اينى سريغ كالى كيتا منموكان اوراغ-اوراغ ياغ مغاملكان ساتو عملان ياغ منوروت مريكا مروفاكان عملان تصوف ياغ سجارا خصوص ديكاتاكان تيراكاتان سفرتى فوواسا سجارا تروس منروس (فوواسا دلائل), غروووت (تيداك مماكان ماكانان هاسيل دائراهيا), ييـريـه دان ستروسيا. باكيماناكاه فانداعان كياهى مييكافى فينومينا ترسبوت دالام فرسفيكتيف تصوف؟ تريما كاسيه (يافع الدين-سانترى فوندوك فسانترين قومان لاسم)

جواب : باسم الله لا حول ولا قوة الا بالله

الله سبحانه وتعالى برفيرمان :

قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ قُلْ هِيَ لِلَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا خَالِصَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَذَلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ (32) [الأعراف : 32]

"كاتاكانلاه (محمد), "سييافاكاه ياغ مغحرامكان فرهيياسان دارى الله ياغ تلاه ديسديياكان اونتوك هامبا-هامبايا دان رزقى ياغ بائيك-بائيك؟ كاتاكانلاه, "سمووا ايتو اونتوك اوراغ-اوراغ ياغ برايمان دالام كهيدوفان دونييا دان خصوص (اونتوك مريكا ساجا) فادا هارى قيامة. دميكييانلاه كامى منجلاسكان اية-اية ايتو اونتوك اوراغ-اوراغ ياغ مغتاهووى"

الله جوكا تلاه برفيرمان سامبيل مييندير كفادا نبييا : يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكَ تَبْتَغِي مَرْضَاتَ أَزْوَاجِكَ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (1) [التحريم : 1]

"واهى نبي! مغافا اغكاو مغحرامكان افا ياف ديحلالكان الله باكيمو؟ اغكاو ايغين ميناغكان هاتى ايستري-ايستريمو؟ دان الله ماها فغامفون, ماها فياياغ"

كالو مليهات دووا اية اينى دان دليل-دليل ياغ لائين ماكا ياغ ديناماكان غروووت, موتيه دان ياغ لائينيا ادالاه تيداك بوليه كارنا ادا اونسور مغحلالكان فركارا بائيك ياغ ديحلالكان اوليه الله

دالام اية ياغ لائين الله برفيرمان :

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى (40) [النازعات : 40]

"دان ادافون اوراغ-اوراغ ياغ تاكوت كفادا كبساران توهانيا دان مناهان ديرى دارى (كئيغينان) هاوا نفسويا"

الله منصفاتى نفسو سباكى امارة بالسوء دالام فيرمانيا :

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ (53) [يوسف : 53]

"دان اكو تيداك (مياتاكان) ديريكو بيباس (داري كسالاهان), كارنا سسوغكوهيا نفسو ايتو سلالو مندوروغ كفادا كجاهاتان, كجووالى (نفسو) ياغ ديبرى رحمة اوليه توهانكو. سسوغكوهيا توهانكو ماها فغامفون, ماها فياياغ"

دان نبى جوكا تلاه برسابدا :

إن الرجل لا يكون من المتقين حتى يدع ما لا بأس به حذرا لما به بأس

المستدرك على الصحيحين للحاكم مع تعليقات الذهبي في التلخيص - (4 / 355)

"سسؤوراغ بلوم ترماسوك دالام كولوغان اوراغ ياغ برتقوى سامفى دييا منيغكالكان فركارا ياغ تيداك برباهايا كرنا هاواتير جاتوه دالام فركارا ياغ برباهايا"

كالو مليهات اية دان حديث اينى ماكا سسؤوراغ بوليه منيغكالكان سوواتو ماكانان.

دارى دووا دليل ترسبوت ماكا سايا مييمفولكان باهوا معاملكان عملان ياغ تيداك ممفربوليهكان مماكان ماكانان ترتنتو ادالاه تيداك ديفربوليهكان كجووالى اونتوك منديديك دان مغالاهكان نفسو اكار بيسا ديكنداليكان.

فرلو ديكتاهووي باهوا توجووان تصوف ادالاه اونتوك معالاهكان دان مغنداليكان نفسو. هال اينيلاه ياغ ديكاتاكان سباكى جهاد اكبر اتاو جهاد بسار ياغ منجادى باندنغان دارى جهاد اصغر اتاو جهاد كجيل (ممراغى اوراغ كافر). اينيلاه ياغ ديمقصود دغان حديث نبى :

ليس عدوك الذى يقتلك فيدخلك الله به الجنة وإن قتلته كان لك نورا ولكن أعدى الأعداء لك نفسك التى بين جنبيك. جامع الأحاديث - (18 / 270)

"موسوهمو بوكانلاه اوراغ ياغ ممبونوهمو دان ميبابكان الله مماسوككانمو كدالام سوركا دان جيكا كامو ممبونوهيا ماكا كامو اكان مندافاتكان جاهايا اكان تتافى موسوه ياغ فاليغ مموسوهيمو ادالاه نفسو ياغ ادا ديئانتارا كدووا لامبوغمو".

دان جوكا حديث :

(( قدمتم من الجهاد الأصغر إلى الجهاد الأكبر )) قالوا : وما الجهاد الأكبر ؟ قال : (( مجاهدةُ العبدِ لهواه )). رواه البيهقى. جامع العلوم والحكم محقق - (21 / 36)

"كالييان تلاه كمبالى دارى جهاد كجيل منوجو جهاد بسار. فارا صحابة برتايا : افا ايتو جهاد بسار؟ نبى برسابدا : فراغيا هامبا ملاوان هاوا نفسويا"

اوليه كارنا ايتو كالو عملان-عملان ترسبوت اونتوك ممراغى نفسو ماكا ايتو ادالاه جهاد فى سبيل الله.

تافى جيكا توجووانيا ادالاه كدونيياءن ساجا سفرتى اكار بيسا منجادى كايا اتاو اكار بيسا ساكتى ماكا ايتو تيداك ترماسوك دالام تصوف ياغ حقيقى.

ادافون حكم ملاكوكان فوواسا تروس منروس اتاو فوواسا دلائل ادالاه ديفربوليهكان منوروت سباكييان علماء دان ادا ياغ مغاتاكان مكروه. والله اعلم بالصواب.




فرتاياءن : تصوف اخلاقى

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

سموكا كياهى دان كلوواركا سنانتيياسا دالام ليندوغانيا. كياهى, سايا فرناه مندغار ساتو ايستيلاه دالام دونييا تصوف دارى سؤوراغ تمان يائيتو تصوف اخلاقى. افاكاه مقصود دارى استيلاه ترسبوت؟ كمودييان افا سبناريا ارتى دارى تصوف دان طريقة؟ بيلا كدووايا دي كونتيكسكان فادا اوراغ ياغ برتصوف دان جوكا برطريقه هايا دغان براخلاق بائيك؟ تريما كاسيه. (حنبلى-سانترى فوندوك فسانترين السلافية فاسورووان)

جواب : سباكييان اوراغ ممباكى تصوف منجادى دووا :

تصوف اخلاقى

تصوف وِجْدَانِى

ياغ ديمقصود تصوف اخلاقى ادالاه تيداك لبييه دارى اخلاق اسلامى, ميتود دان فنديديكان اونتوك منجافاى اخلاق فضيلة ترسبوت. سفرتى ممفرباياك محاسبة النفس اتاو اينستروفكسى ديرى, ممفرباياك ممباجا القران دان ذكر ويريدان, مرنداهكان ديرى دان بردوعاء كفادا الله سرتا منجاوهى مماكان ماكانان حرام.

سداعكان ياغ ديمقصود تصوف وجدانى ادالاه احوال اتاو فراساءن سؤوراغ هامبا ستلاه ملاكوكان تصوف اخلاقى. دييا اكان منيغكات تروس منروس ستلاه ممفرباياك جهاد النفس, مراقبة دان مغهيندار دارى مغيغات سلائين الله سبحانه وتعالى سهيغكا هامبا اينى مراسا باهوا ياغ ادا دى دينا اينى هايالاه الله سبحانه وتعالى باهكان كتيكا دييا سوداه منيغكات لاكى ماكا دييا تيداك اكان مغيغات دنيا اينى ساما سكالى باهكان ديرييا سنديري جوكا تيداك ايغات. هايا الله ساجالاه ياغ دييا ايغات. دراجات اينيلاه ياغ ديسبوت دغان دراجات فناء.

كتيكا هامبا ترسبوت منروسكان جهاد اكبر اينى دان كمبالى كدونييا اينى لالو دييا مامفو براينتراكسى دغان مخلوق نامون هاتييا ماسيه تركانتوغ كفادا الله سرتا مرمعاملة دعان مانوسييا نامون دييا تيداك ملوفاكان هاتييا كفادا الله ماكا دراجات اينى ديسبوت دغان دراجات بقاء.

ياغ فرلو كامى سامفايكان ديسينى, باهوا كيتا تيداك فرلو مندالامى تصوف وجدانى اتاو تصوف فَلْسَفِى اينى. ياغ فرلو كيتا دالامى ادالاه تصوف اخلاقى سهيغكا كتيكا كيتا تلاه مندالامى تصوف اخلاقى دان مراسا ساما انتارا كتيكا كيتا ديفوجى اتاو ديجلا دان مراسا ساما كتيكا مندافاتكان اتاو كهيلاغان هارتا دنيا ماكا بارولاه كيتا بوليه ماسوك دالام لافاغان تصوف وجدانى ياغ برباهايا. والله اعلم بالصواب.

Adapaun sikap awas dan waspada, sikap tidak lupa kepada diri Alloh, niscaya tidak boleh dilepaskan, baik di waktu lemah, atau pun di waktu kuat.


قُلْ إِنْ تُخْفُوا ما في‏ صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللهُ وَ يَعْلَمُ ما فِي السَّماواتِ وَ ما فِي الْأَرْضِ

"Katakanlah: Jika kamu sembunyikan apa yang ada dalam dada kamu, atau pun kamu nampakkannya, namun Alloh mengetahuinya juga, dan Diapun mengetahui apa yang ada di semua langit dan apa yang di bumi. "



"Dan Allah memperingatkan kamu benar-benar akan diriNya."


Di sambungan ayat ini Allah Ta'ala memberi peringatan dengan keras, bahwa di dalam urusan ini, khusus dalam taqiyah, janganlah dipandang enteng. Jangan sampai sikap taqiyah itu dijadikan tempat lari untuk melepaskan diri dari tanggung-jawab menghadapi lawan. Hendaklah awas dan jangan sekali-kali lupa bahwa diri Allah Ta'ala senantiasa ada, senantiasa mengawasi, dan menilik sepak terjang yang kamu lakukan. Karena kalau taqiyah itu akan membawa agama Allah jadi lemah, bukanlah dia taqiyah lagi tetapi beralih menjadi sikap pengecut. Itu sebabnya maka ujung ayat lebih menjelaskan pula, bahwa baik di waktu kamu sedang kuat, lalu menolak kerjasama dengan musuh yang akan melemahkan agamamu, atau sedang lemah sehingga terpaksa kamu mengambil sikap taqiyah, namun ingatlah:

وَ إِلَى اللهِ الْمَصيرُ

"Dan kepada Allahlah tujuan kamu." (ujung ayat 28).


Akhir ayat ini mengingatkan kita akan perumpamaan hidup kita yang tengah berlayar di tengah lautan besar, menaiki sebuah bahtera. Sejak dari permulaan berlayar kita telah menentukan tujuan dan arah di mana bahtera itu akan berlabuh. Lalu pelayaran kita teruskan. Tetapi oleh karena laut itu tidak senantiasa tenang, bahkan ada gelombang, ada taufan, ada badai dahsyat, sudahlah dalam perhitungan bahwa kadang-kadang bahtera itu akan dihalau oleh angin entah ke mana. Tetapi betapa pun hebatnya pukulan gelombang, namun nakhoda kapal wajib tetap menjaga pedoman, tidak boleh berkisar dari tujuan semula. Tujuan bahtera hidup beragama ialah Alloh.


Untuk kelengkapan penafsiran ini hendaklah kita tilik lagi ayat 8 dan ayat 9 dari surat 60 (al-Mumtahanah). Surat ini pun diturunkan di Madinah. Di ayat 8 ditegaskan bahwa terhadap kafir yang tidak memerangi kamu dan tidak mengusirmu dari kampung halaman kamu, tidaklah mengapajika hidup berdampingan dengan damai ( an-tabarru-hum ) dan berhubungan secara adil ( watuq-sithu ilaihim ) ; memberi dan menerima, duduk sama rendah, tegak sama tinggi. Lalu di ayat 9 ditegaskan lagi, bahwa jika musuh itu memerangi kamu dalam hal agama dan mengusir kamu dari kampung halaman kamu dan dengan terang-terang pula pengusiran itu, tidaklah kamu boleh bersahabat atau berhubungan dengan mereka.

Niscaya kita dapat berpikir lebih lanjut tentang isi sekalian ayat ini. Baik ayat-ayat yang tegas melarang dan memerintahkan supaya selalu awas, atau ayat yang membolehkan berhubungan dengan mereka, karena taqiyah atau karena kuat. Kalau kita kuat tentu tidak berhalangan kalau kita berhubungan dan berdamai dengan kafir, membuat perjanjian-perjanjian dagang, utang piutang dan lain-lain sebagainya, terutama hidup bernegara di zaman modern, tidaklah ada satu negeri yang dapat memencilkan diri dari negeri lain. Sudahlah selayaknya jika wakil-wakil dari negeri dan negara Islam duduk bersama bermusyawarah memperkatakan soal-soal internasional dengan wakil-wakil negara-negara lain.



"dan Alloh atas tiap-tiap sesuatu Maha Kuasa." (ujung ayat 29).

Hanya orang Mu'min yang dapat merasai hal yang seperti ini. Betapa kekuasaan Alloh atas isi dada manusia dan betapa kekuasaan Alloh atas seluruh langit bumi. Kadang-kadang kita bertemu dengan kemenangan padahal menurut perhitungan kita belum nampak pintunya. Kadang-kadang kita merasa bahwa rencana kita akan berjalan menurut yang kita gariskan. Tiba-tiba datang saja kejadian lain yang tidak pula kita sangka-sangka sehingga rencana Alloh jualah yang berjalan. Oleh sebab itu maka baik di waktu senang, sekali-kali janganlah lupa memperhitung kan Maha Kuasanya Alloh.

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ ما عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَراً

"(Ingatlah) akan hari yang tiap-tiap orang akan menerima ganjaran amal baik yang telah tersedia." (pangkal ayat 30).

Di sini diberikan ketegasan dan jaminan bagi setiap orang yang beramal baik, bahwa ganjarannya akan diterimanya kontan, telah tersedia di hadapan matanya. Akan mengobat hatinya yang sudah gundah dan akan menghilangkan segala kepenatan dan akan menghabis kan segala kecewa.

وَ ما عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ

"Dan amalan-amalan yang burukpun."

Artinya bahwa amalan yang burukpun akan menerima ganjaran yang telah tersedia pula, sebagai akibat dari perbuatannya sendiri, sehingga:

تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَها وَ بَيْنَهُ أَمَداً بَعيداً

"Inginlah dia (kiranya) di antara balasan amal buruknya itu dengan dirinya di antarai oleh masa yang jauh."



Sebab itu janganlah kamu abaikan tugas hidupmu. Pilihlah sendiri jalan yang benar dan jauhilah yang salah, jujurlah terhadap Allah. Sebab Dia Ada, dan Dia mengawasi kamu. Ingatlah itu benar-benar dan awaslah.

وَ اللهُ رَؤُفٌ بِالْعِبادِ

"Dan Allah amatlah sayang kepada hamba-hambaNya." (ujung ayat 30).

Dengan peringatan hati-hati dan awas yang agak keras di atas semuanya tadi, terasalah bahwa masing-masing kita yang mengakui dirinya hamba Allah, tidak pernah lepas dari tilikan Allah.

Maka kitapun berhati-hatilah, baik dalam isi dada yang dirahasiakan, atau sikap hidup yang dinampakkan. Tetapi di dalam kehati-hatian itu kitapun insaf bahwa kita ini manusia, ada saja kelemahan kita masing-masing. Lautan ini amat luas, dimana akan berlabuh belum tahu.

Sedang berjalan menuju tujuan yang dituju itu, entah putus nyawa di tengah jalan, entah mati jauh karena kehausan. Kadang-kadang terasa betapa banyak halangan yang wajib dilalui, banyak duri dan onak.

Semuanya itu diketahui oleh Tuhan. Oleh sebab itu, di samping kerasnya peringatan yang Dia berikan, Diapun tetap sayang dan belas kasihan akan semua hambaNya yang memang membina tujuan hidupnya mencapai ridha Allah. Oleh sebab itu jika dalam perjalanan sulit itu, sekali-sekali bertemu dengan luluk dan lumpur yang mengotori baju, lekaslah bersihkan. Dan membersihkan batin dari daki-daki kedosaan ialah dengan bertaubat dan beristighfar.



SALAM RAHAYU SELALU ..............
berfikir dan memandang luas dengan ilmu dan cinta sesama mahluk adalah pesan & amanat rosululloh saw ... 

PENCARIAN HIDUP MENUJU KEKASIH SEJATI

JANGAN SUKA MENGANGGAP SESUATU YG TIDAK COCOK ITU ADALAH SESAT NAMUN SIKAPILAH SAMPAI KAU BENAR'' MEMAHAMINYA ...

KARENA JIKA KAU MENILAI CIPTAANNYA MAKA NISTALAH DIRIMU ... KARENA ALLOH MAHA MENILAI PADA APA'' YANG KAU SANGKAKAN











AlkisAnnabila